Ini wisata murah terasa wah di Kepulauan Seribu



KONTAN.CO.ID -  Kepulauan Seribu memiliki beberapa pulau yang berpenduduk yang tak kalah menarik untuk menjadi tujuan wisata. Lokasinya hanya sekitar 45 kilometer arah utara ibu kota Jakarta.

Memang dari sekitar 110 pulau di jajaran Kepulauan Seribu sebagian besar tidak berpenghuni. Nah di pulau-pulau berpenghuni inilah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya membangun fasilitas publik pendukung industri pariwisata.

Turis yang ingin sekadar menikmati hari libur bisa datang pagi hari lalu pulang petang di pulau-pulau berpenduduk ini. Sebab di tempat-tempat sudah ada dukungan transportasi reguler. 

Baca Juga: Inilah pilihan pulau private di Kepulauan Seribu

Misalnya di Pulau Pramuka yang juga menjadi ibukota Kabupaten Kepulauan Seribu. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Tim Jelajah Ekonomi Pariwisata KONTAN 2019 sempat mengabadikan momen indah saat matahari yang hendak pulang memantulkan cahaya keemasan yang terpotong oleh siluet nelayan yang melintas. 

"Banyak perahu yang melintas menambah estetika gambar," kata Boy Iskandar, salah seorang wisatawan. Momen seperti inilah yang banyak ditunggu wisatawan untuk berswafoto. Waktu tempuh kapal menuju Pulau Pramuka hanya 1,5 jam dari Pelabuhan Marina, Ancol. 

Baca Juga: Warga Kepulauan Seribu belum optimal memanfaatkan geliat wisata

Selain Pramuka, pulau berpenduduk yang menjadi destinasi favorit adalah Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Tidung, dan Pulau Harapan. Pulau pemukiman itu banyak dikunjungi wisatawan kelas menengah bawah karena ongkos plesiran relatif murah meriah ketimbang liburan di pulau resort. 

Kepala Suku Dinas Pariwisata Kepulauan Seribu, Cucu Kurnia menyebut wisatawan yang lebih suka mengunjungi pulau penduduknya karena suasananya lebih ramai dan banyak fasilitas terjangkau.

Baca Juga: Menggiatkan kembali produksi keripik sukun di Pulau Tidung

Misalnya penginapan  banyak homestay dan vila milik penduduk sekitar yang disewakan kepada pengunjung. Setiap pulau juga menawarkan objek wisata berbeda.

Contohnya Pulau Tidung yang terkenal dengan jembatan cintanya. Selain itu, Tidung dan Pulau Untung Jawa menawarkan pesona alam bawah laut yang bisa dinikmati dengan aktivitas snorkeling dan diving. 

Sementara Pulau Pari menyelami keindahan alam bawah lautnya. Pulau ini juga menyuguhkan hamparan pasir putih yang dikenal dengan nama Pantai Perawan.

Namun, untuk berkeliling ke pulau-pulau tersebut, pengunjung harus merogoh kocek lagi buat menyewa perahu milik nelayan dari Pulau Pramuka. Tarifnya berkisar mulai Rp 350.000 hingga Rp 400.000 per hari. Baca Juga: Pemprov DKI berupaya perbaiki infrastruktur pariwisata Kepulauan Seribu

Cucu mengakui, masalah konektivitas antar pulau masih kendala utama pariwisata di Kepulauan Seribu. n
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar