Yang Muda Yang Membangun Desa, Inovasi Pemuda Ubah Desa Sejiram Jadi Berdikari



KONTAN.CO.ID - Jutaan anak muda Indonesia berbondong-bondong dari desa ke kota untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, sejumlah anak muda di Desa Sejiram lebih memilih tinggal dan berkarya di tanah kelahirannya. Meski gaji kecil, tapi upaya mereka untuk membangun desa membuahkan hasil manis.

Selasa (7/2) pagi, Tim Jelajah Ekonomi Desa KONTAN 2023 sampai di Kantor Desa Sejiram. Kedatangan kami disambut oleh Kepala Desa Sejiram Hemdi Miji, Sekretaris Desa Rudi, dan beberapa pengurus desa lainnya.

Hemdi mengatakan, Desa Sejiram bisa menjadi desa mandiri seperti saat ini berkat inovasi dan kreativitas pemuda desanya. Pemuda desa mengubah kehidupan desa menjadi lebih baik dan maju.

Desa Sejiram yang semula berstatus sebagai desa tertinggal, kini menjadi desa mandiri.

Tak lama berselang kemudian, beberapa pemuda desa datang. Mereka di antaranya Ibnu Aziz selaku Direktur dan Bambang Iswanto selaku Kepala Unit Usaha BUMDes Maju Bersama Desa Sejiram. Posisi-posisi strategis di pemerintahan Desa Sejiram dan BUMDes Maju Bersama diisi oleh anak-anak muda. Usianya masih di bawah 30 tahunan, namun kegigihan dan inovasinya dalam membangun desa patut diacungi jempol.

Baca Juga: Seumur Anak SD, BUMNDes Maju Bersama Berperan Penting untuk Ekonomi Desa Sejiram

Selama beberapa hari di Desa Sejiram, Tim Kontan didampingi oleh inovator dan pemuda desa. Mereka dengan murah hati meluangkan waktunya untuk menjamu dan membantu segala keperluan Tim Kontan selama di Desa Sejiram.

Menjelang siang, Tim Kontan diantar pemuda Desa mengunjungi Gelanggang Olahraga (GOR), salah satu unit usaha BUMDes Maju Bersama. Di dekat GOR, ada Desa Mart, salah satu dari enam unit usaha BUMDes Maju Bersama. Pegawai Desa Mart juga dijalankan oleh pemudi desa.

Pada saat ada suatu keperluan yang menyangkut unit usaha internet seperti melakukan pengecekan tower. Pemuda desa juga yang bergerak memanjat dan menanganinya dengan baik. Peran yang telah dilakukan pemuda Desa Sejiram begitu besar dalam memajukan perekonomian desa. Mulai dari Ibnu Aziz sebagai Direktur, Chichi Damayanti sebagai Sekretaris, dan Yuni Alva sebagai Bendahara.

Berikutnya, ada nama Bambang Iswanto selaku Kepala Unit Usaha Internet. Dengan jabatan yang sama namun beda unit usaha, ada Liana yang mengelola sablon digital, Pandri mengelola Gedung Olahraga, Dila mengelola Sablon Digital, Bori mengelola mobil pick up, dan Mardi mengelola pertanian.

Tidak seperti anak muda lain yang pergi merantau, pemuda-pemudi desa kelahiran sekitar tahun 1995 ini lebih memilih bekerja di desa. Mereka bersinergi satu sama lain dan bahu-membahu memajukan perekonomian desa. Sinergi tersebut diperkuat oleh dukungan pemerintah Desa Sejiram. Segala usaha yang telah dilakukan mendapatkan apresiasi  dari pemerintah Desa Sejiram.

Berangkat dari keresahan Bambang misalnya, unit usaha internet lahir. Internet dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Desa Sejiram, bermanfaat untuk apa mulai dari ekonomi, pendidikan, pemerintahan desa, hiburan, dan seterusnya, dan seterusnya.

Baca Juga: Berkah INSANAK, Ada Internet Gratis, Bantuan Beras & Sunatan Massal Di Desa Sejiram

Berkat kegigihan Ibnu Aziz dalam mengatur dan memanajemen unit-unit usaha BUMDes Maju Bersama, perekonomian dan kehidupan desa menjadi lebih baik. "Pemuda Desa Sejiram menunjukkan kreativitas dan inovasinya telah membantu kegiatan BUMDes sehingga menjadi semakin maju," ungkap Hemdi.

Bukan tidak mungkin, komposisi pemerintahan desa dan BUMDes yang mayoritas diisi oleh golongan pemuda ini ke depan akan semakin maju. Berbagai misi dan rencana jangka panjang pun telah dipetakan dengan baik dan matang. 

Bambang menerangkan, ada program jangka panjang dengan tujuan menjadikan Desa Sejiram sebagai Desa Ekonomi Kreatif (KE) di tahun 2026 mendatang. Lebih lanjut, akan dibentuk suatu big data yang terhubung di beberapa titik instalasi di desa.

Hal tersebut bertujuan untuk sistem keamanan desa, sarana penunjang pertanian yang ada di desa, mengembangkan e-commerce lewat website desa yang dapat terintegrasi dengan marketplace nasional, memproduksi multimedia, dan mini studio.

Rencana luar biasa tersebut bakal digarap oleh Bambang dan kawan-kawan selama beberapa tahun ke depan. Jika semuanya terlaksana dengan baik, Desa Sejiram akan semakin maju dan unggul. Bahkan, desa ini bukan tidak mungkin akan terkenal sebagai desa-desa percontohan untuk desa-desa lain di tanah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto