10 Aktivitas Sensory Play untuk Bayi Usia 3 Bulan



MOMSMONEY.ID - Tingkatkan kecerdasan anak dengan 10 aktivitas sensory play untuk bayi usia 3 bulan berikut ini, yuk.

Aktivitas sensory play juga bisa meningkatkan ikatan antara Moms dan buah hati, sebaik membuat kemampuan otak dan motorik berkembang. 

Baca Juga: Kini KMT Bisa Jadi Alat Pembayaran di Loko Cafe


Apa saja perkembangan yang diharapkan pada bayi usia 3 bulan?

Bayi Anda yang saat ini berusia 3 bulan semakin cerdas setiap harinya. Ini beberapa hal yang mungkin Anda lihat dari perkembangan mereka:

  • Kekuatan leher bayi seharusnya sudah meningkat. Jika Anda menggendongnya tegak, kepala mereka lebih stabil.
  • Tubuh bagian atas bayi juga menguat. Mereka seharusnya sudah busa mengangkat kepala dan dada saat tengkurap.
  • Bayi berusia 3 bulan juga sudah bisa menegangkan kakinya dan menendang saat tengkurap maupun terlentang.
  • Mereka dapat menekan kakinya saat berada di permukaan yang kokoh. 
  • Tangan mereka bisa membuka dan menutup, menyatu dan mencoba meraih benda yang tergantung. 
  • Mereka akan mencari dan tersenyum saat mendengar suara yang mereka kenali
  • Mereka akan tengkurap sendiri
  • Mereka mulai banyak mengoceh

Aktivitas sensory play untuk bayi 3 bulan

Saat bayi Anda memasuki usia 3 bulan, Anda harus lebih bersemangat lagi sebab buah hati Anda kini mulai bisa diajak bermain. Berikut 10 sensory play untuk bayi berusia 3 bulan:

Tummy time

Lanjutkan kebiasaan tummy time di usianya yang menyentuh 3 bulan. Tummy time membantu menguatkan dan membangun koordinasi antara leher, pundak, lengan dan badan. Ini juga akan membantu mereka untuk belajar berguling, merangkak, menarik diri dan duduk. 

Menari

Ini saatnya untuk Anda menyalakan lagu kesukaan Anda dan menari bersama buah hati. Semakin konyol tarian Anda, akan semakin menyenangkan bagi bayi Anda.

Anda bisa menggendongnya sambil mengegrakkan mereka ke atas, ke bawah, samping, dan berputar dengan perlahan. Gerakan ini menstimulasi kesadaran akan tubuh. 

Baca Juga: Lupa PIN ATM BCA? Begini Solusinya!

Gerakkan kaki dan lengan bayi Anda

Saat meletakkan bayi di atas kasur, nyanyikan lagu sambil menggerakan kaki dan lengan bayi. Ini akan membuat mereka tersenyum sekaligus merangsang perkembangan motorik halus dan keterampilan kasarnya. 

Bercermin

Sensory play ini akan membuat bayi Anda mengenali dirinya sendiri. Mereka akan mulai membuat banyak eskpresi dan mereka akan mulai suka melihat reflesi diri mereka sendiri. 

Bermain cilukba

Anda bisa mengajari permainan ini di usia bayi 3 bulan. Permainan ini mengajarkan bayi soal kekelan suatu benda. Ini memberikan pemahaman bahwa suatu benda tetap ada meski kita tidak melihatnya. 

Menggenggam

Si kecil harus sudah bisa menggenggam benda dalam waktu singkat. Jadi latihlah mereka dengan memegang mainan dan lihat apakah mereka bisa meraihnya. Pilih benda yang aman karena mereka akan segera meletakkan benda tersebut ke mulutnya. 

Baca Juga: LRT Jabodebek Terapkan Tarif Tap In dan Tap Out di Stasiun Sama, Ini Rinciannya

Berguling

Saat ini bayi Anda akan mulai berlatih berguling. Jika sudah dalam posisi tengkurang, duduklah di depan mereka dan gerakkan benda kesukaannya secara perlahan. Ini akan melatih fokus mereka. 

Bermain di atas badan Anda

Ini adalah aktivitas bernyanyi bersama sang buah hati namun dengan permukaan yang tidak datar. Tujuannya untuk melatih bayi mengendalikan gerakan kepalanya. 

Bermain bola

Gunakan bola berukuran besar, duduklah di atas bola tersebut sambil menggendong bayi Anda. Kemudian pantul-pantulkan badan Anda dan lakukan di depan cermin. Ini akan membuat bayi menyadari keberadaan dirinya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan tummy time di atas bola yoga ini, pegang pinggul bayi Anda dan gerakkan bola ke depan dan ke belakang dengan lembut. Pastikan dia tidak tergelincir. 

Keluar dari rumah

Cari taman bermain dan biarkan mereka  tengkurap dengan alas di taman tersebut. Saat tengkurap, mereka bisa merasakan rumput dengan tangan mereka. Saat tengkurap mereka bisa melihat pohon, burung, langit, dan Matahari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta