10 Alasan Daun Sirih Gading Keriting dan Solusinya agar Kembali Segar



MOMSMONEY.ID - Daun sirih gading keriting dan melengkung akan memengaruhi keindahan serta kesegarannya. Inilah alasan daun sirih gading keriting dan solusinya. 

Ada 10 alasan daun sirih gading keriting dan solusinya. Artikel ini memberikan solusi agar daun sirih bisa kembali segar. 

Salah satu alasan daun sirih gading keriting karena kekurangan cahaya. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan saat merawat daun sirih gading.


Baca Juga: 6 Jenis Sirih Gading Terbaik yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

Nah, berikut 10 alasan daun sirih gading keriting: 

1. Penyiraman yang berlebihan

Penyiraman yang berlebihan adalah masalah umum di kalangan pecinta tanaman, dan ini bisa sangat merugikan sirih gading. Kelebihan air di dalam tanah menyebabkan kekurangan oksigen di zona akar, yang dapat mengakibatkan busuk akar. 

Ketika akar memburuk, mereka tidak dapat menyuplai nutrisi ke daun, menyebabkan daun menggulung dan berubah warna menjadi coklat.

Untuk mencegah penyiraman berlebihan, biarkan bagian atas tanah mengering di sela-sela waktu penyiraman. Pothos adalah tanaman yang pemaaf, jadi lebih baik menanamnya di bawah air daripada di atas air.

2. Defisiensi kalium

Kekurangan unsur hara, erutama kekurangan kalium, dapat menyebabkan hipokalemia, dan Anda melihat daun menguning di sepanjang tepi daun dan di antara urat, dan terkadang daun sirih gading menggulung.

Selain kalium, kekurangan unsur hara lainnya, seperti nitrogen, magnesium, dan kalsium, juga dapat menyebabkan daun melengkung dan gejala lainnya.

Untuk mengatasi kekurangan unsur hara, berikan sirih gading Anda pupuk seimbang yang larut dalam airsetiap 4-6 minggu setelah mengencerkannya hingga 1/2 dari kekuatan yang disarankan pada kemasan. Jangan memberi makan tanaman di musim dingin jika Anda tidak tinggal di iklim bebas es.

Baca Juga: Tanaman Sirih Gading Layu? Simak 4 Tips Rahasia Menyelamatkan Pothos yang Sekarat

3. Udara kering

Tanaman Pothos menyukai tingkat kelembapan sedang, dan hanya jika udara terlalu kering, daunnya akan menggulung karena kurangnya kelembapan.

Ini tidak selalu diperlukan tetapi jika Anda melihat udara kering di rumah Anda,  Tingkatkan kelembapan di sekitar sirih gading Anda. 

4. Hama

Hama umum seperti tungau laba-laba, kutu putih, atau kutu daun dapat menyerang sirih gading, menyebabkan stres dan menyebabkan daun melengkung.

Periksa sirih gading secara teratur untuk mencari tanda-tanda hama, termasuk anyaman, gumpalan kapas putih, atau serangga kecil. 

Jika Anda melihat adanya hama, obati tanaman Anda dengan sabun insektisida atau minyak nimba. Isolasi tanaman yang terserang untuk mencegah penyebaran hama ke tanaman lain di sekitarnya.

5. Penyakit

Penyakit jamur atau bakteri dapat mempengaruhi kesehatan tanaman secara signifikan, sehingga menyebabkan masalah daun seperti pengeritingan.

Jika Anda mencurigai adanya penyakit, segera isolasi tanaman yang terinfeksi untuk mencegah penyebaran patogen. Pangkas daun yang terserang dan sediakan sirkulasi udara yang baik dengan menghindari kepadatan berlebih dan penyiraman di atas kepala. 

Buang semua bahan yang dipotong dengan benar untuk mencegah infeksi ulang.

Baca Juga: Tak Sekedar Mengobati Batuk, Ini Manfaat Daun Sirih Merah

6. Pupuk berlebihan

Pemupukan sirih gading secara berlebihandapat mengganggu keseimbangan unsur hara dalam tanah, sehingga menyebabkan daun melengkung dan masalah lainnya.

Lebih sedikit sering kali lebih banyak dalam hal memberi makan tanaman hias. Pupuk secukupnya ( Sekali dalam 5-7 minggu dengan pupuk cair berimbang 1/2 kekuatan. Tidak lebih dari ini ), dan hindari penggunaan pupuk dengan konsentrasi tinggi.

7. Kualitas air 

Pothos sensitif terhadap air keran yang mengandung kadar klorin dan fluorida tinggi. Mineral ini dapat menyebabkan daun melengkung.

Gunakan air yang telah disaring, RO, atau air suling untuk sirih gading Anda, atau diamkan air keran semalaman sebelum menyiram tanaman Anda. Periode istirahat ini memungkinkan klorin menguap, sehingga air lebih aman bagi sirih gading Anda.

8. Kerusakan fisik

Kerusakan yang tidak disengaja pada daun atau batang dapat menyebabkan tanaman menggulung saat tanaman mencoba pulih dari cedera.

Tangani sirih gading Anda dengan hati-hati dan hati-hati. Pangkas bagian yang terkena dengan gunting bersih dan tajam atau gunting pangkas jika terjadi kerusakan. Pemangkasan yang tepat akan mendorong tanaman memfokuskan energinya pada pertumbuhan yang sehat.

9. Penuaan daun

Seiring bertambahnya usia sirih gading, mereka secara alami menggulung dan akhirnya rontok. Ini adalah bagian normal dari siklus pertumbuhan tanaman.

Pangkas dan buang daun tua dan keriting secara teratur untuk mengarahkan energi tanaman menuju pertumbuhan baru. Pemangkasan juga membantu menjaga estetika tanaman dan mencegahnya menyia-nyiakan sumber daya untuk daun yang mati.

Baca Juga: Daun Sirih Bisa Turunkan Gula Tinggi, Cek Manfaat Lain Daun Sirih yang Menakjubkan

10. Terlalu banyak air

Penyiraman yang tidak memadai juga dapat menyebabkan daun menggulung karena stres air. Jika tanaman tidak mendapat kelembapan yang cukup, tanaman akan menghemat air dengan menggulung daunnya.

Untuk menghindari terendam air, pantau tingkat kelembapan tanah. Sirami sirih gading saat bagian atas tanah terasa kering saat disentuh. Konsistenlah dalam rutinitas penyiraman Anda, tetapi jangan biarkan tanaman Anda terendam air, karena dapat menyebabkan busuk akar. 

Jadi, begitulah alasan daun sirih gading keriting dan solusinya yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria