10 Cara Mengatasi Headset Tidak Ada Suara Beserta Penyebabnya



MOMSMONEY.ID - Apapun jenis headset yang Anda miliki, ada kalanya tidak ada suara dan tidak berfungsi. Bagaimana cara mengatasi headset tidak ada suara ya?

Cara mengatasi headset tidak ada suara sebenarnya cukuplah mudah. Artikel ini memberikan informasi mengenai cara mengatasi headset tidak ada suara. 

Biasanya, ada berbagai masalah teknis yang dapat dialami headset, dan solusinya berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. 


Baca Juga: 5 Rekomendasi TWS Terbaik untuk Olahraga Lari, Tahan Air dan Keringat

Mengutip Lifewire, berikut cara mengatasi headset tidak ada suara:

1. Lepaskan sambungan kabel

Koneksi kabel sering kali dapat menggantikan koneksi Bluetooth. Jika Anda mengisi daya headphone menggunakan komputer atau laptop, hal itu mungkin menghalangi streaming audio secara nirkabel dari ponsel cerdas atau tablet Anda.

2. Periksa kerusakan dengan menekuk kabel

Penyebab umum masalah headphone adalah kabel audio yang rusak. Untuk memeriksa apakah kabel rusak, kenakan headphone, putar audio dari sumber pilihan Anda, dan tekuk kabel secara perlahan dengan jarak dua sentimeter dari satu ujung ke ujung lainnya.

Jika Anda mendengar listrik statis sebentar atau sumber audio masuk, berarti kabel sudah rusak dan harus diganti.

3. Periksa Jack Audio

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 16 yang Bakal Dirilis Tahun 2024, Punya Desain Baru

Soket headphone di laptop, tablet, atau ponsel cerdas Anda mungkin rusak. 

Untuk mengetahui apakah jack audio Anda rusak, cobalah beberapa trik, seperti membersihkan jack audio atau menggunakan headphone atau earphone yang berbeda.

4. Periksa di perangkat lain

Jika memungkinkan, gunakan headphone Anda dengan sumber audio berbeda untuk melihat apakah headphone berfungsi.

5. Nyalakan Bluetooth

Jika Anda menggunakan perangkat headphone nirkabel, Anda mungkin perlu menyalakan sakelar Bluetooth agar dapat terhubung ke perangkat pasangan Anda.

6. Naikkan Volumenya 

Jika Anda tidak dapat mendengar apa pun dari headphone, mungkin Anda tidak sengaja mengecilkan volume atau mematikan headphone.

Pertama, naikkan volume melalui tombol volume internal headphone (jika memiliki tombol ini). Kemudian periksa volume pada perangkat pasangan Anda.

7. Berhasil memasangkan headphone Bluetooth dengan perangkat

Headphone baru tidak langsung mengirimkan audio ke perangkat Anda. Pertama, Anda perlu memasangkan headphone ke ponsel cerdas, PC, atau sumber lain.

8. Periksa keluaran audio

Meskipun Anda berhasil menyambungkan headphone, perangkat Anda mungkin mengirimkan audio ke tempat lain, misalnya, ke speaker Bluetooth atau Apple TV. 

Baca Juga: Intip Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows Semua Versi dalam 5 Pilihan

9. Isi daya 

Beberapa headphone, terutama yang memiliki fitur yang disempurnakan seperti peredam bising dan lampu LED internal, mengandalkan sumber daya eksternal atau baterai. 

Jika Anda sudah lama tidak menggunakan headphone, baterainya mungkin sudah habis dan mungkin perlu diisi ulang.

10. Perbarui sistem operasi untuk komputer atau perangkat

Menginstal pembaruan OS terbaru pada perangkat Anda dapat meningkatkan kompatibilitas dengan berbagai aksesori, termasuk headphone.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi headset tidak ada suara beserta penyebabnya. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria