10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Sehat



KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara menurunkan berat badan adalah dengan diet dan olahraga. Namun, jika usaha menurunkan berat badan yang Anda lakukan belum sesuai harapan, silakan coba cara berikut ini.

Namun ingat, cara menurunkan berat badan tidak boleh dalam waktu singkat. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah secara bertahap.

Menurunkan berat badan dengan diet, menjadi pilihan yang umum diterapkan banyak orang. Jenis diet pun beragam, ada yang mengatur asupan karbohidrat hingga lemak. Tentunya, Anda yang berniat menurunkan berat badan menginginkan metode diet sehat dan tetap aman untuk tubuh.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, menurunkan berat badan terlalu cepat berpotensi membuat seseorang kehilangan otot, tulang, dan air alih-alih lemak. Maka, para ahli sepakat bahwa cara terbaik adalah menurunkan berat badan secara bertahap.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan jenis diet apa yang sesuai kondisi kesehatan. Berikut cara menurunkan berat badan yang dapat dicoba, dilansir dari WebMD, Jumat (15/2/2021).

1. Membuat rencana

Cara pertama menurunkan berat badan secara sehat adalah dengan membuat rencana. Membuat perencanaan untuk program menurunkan berat badan, bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Misalnya, dengan mengatur asupan kalori yang masuk dan dibakar oleh tubuh. Kuncinya adalah metabolisme tubuh, yang mengubah kalori menjadi energi. Pasalnya, bila kalori dibakar terlalu banyak justru bisa berdampak pada kesehatan.

Meski demikian, Anda tetap perlu membatasi kalori dengan mengurangi porsinya, membaca label kemasan makanan untuk mengetahui berapa banyak kalori dalam setiap porsi, dan banyak minum air putih agar menahan rasa lapar. Di samping itu, konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak juga dinilai penting supaya tubuh tetap mendapatkan nutrisi.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami, Mau Coba?

2. Batasi gula tambahan

Cara kedua menurunkan berat badan secara sehat adalah membatasi gula tambahan. Kue merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung gula tambahan. Selain kue, minuman manis juga tinggi akan gula yang biasanya mengandung banyak kalori namun sedikit nutrisi.

3. Ketahui apa yang memicu rasa ingin makan

Cara ketiga menurunkan berat badan secara sehat adalah mengetahui penyebab rasa ingin makan. Sebagaimana diketahui, makanan merupakan bahan energi yang dibutuhkan manusia untuk bisa melakukan aktivitas.

Sayangnya, sangat sedikit orang yang makan hanya karena alasan itu. Sebagian besar orang mungkin tetap makan walaupun tidak merasa lapar. Misalnya saja, ketika berada dalam suasana hati yang buruk cenderung sulit menahan tidak makan.

Sehingga, untuk menurunkan berat badan, perlu memahami apa yang memicu keinginan untuk makan saat tidak lapar, dan menyusun rencana untuk menghadapinya. Artinya, langkah pertama adalah mencari tahu apa pemicunya, karena stres, emosi, kecemasan, atau depresi.

Editor: Adi Wikanto