10 Jenis Ikan Guppy dan Harganya di Tahun 2022, Ini Paling Banyak Dicari



MOMSMONEY.ID - Ada begitu banyak jenis ikan guppy dan harganya yang beraneka macam, mulai dari murah hingga mahal. Banyaknya jenis ikan guppy dan warna yang berbeda sehingga sulit untuk mencantumkan semuanya. 

Artikel ini memberikan informasi mengenai 10 jenis ikan guppy dan harganya di tahun 2022. 

Jika Anda pemula yang ingin memelihara ikan guppy, perlu mengetahui beragam jenis ikan guppy dan harganya di tahun 2022 ini. 


Mengutip Golden Spike Company, ikan guppy adalah ikan tropis air tawar sederhana yang dapat dipelihara di akuarium dengan perawatan minimal. 

Fakta bahwa ikan guppy memiliki beragam warna, bentuk, dan pola adalah salah satu alasan mengapa ikan guppy dipelihara di akuarium. 

Ekor mencolok ditemukan pada beberapa guppy hias, warna-warna cerah hadir pada jenis lain, dan desain seperti harimau yang mencolok dapat dilihat pada jenis lainnya.

Perlu diketahui, Famili Poeciliidae dan genus Poecilia diperkirakan memiliki 300 spesies guppy. Poecilia reticulata adalah nama ilmiah untuk guppy.

Jenis ikan guppy tertentu telah diketahui mampu bertahan hidup di air payau, dan sekarang dapat ditemukan di berbagai daerah. Perawatan ikan guppy di akuarium adalah perhatian yang paling umum.

Baca Juga: Ingin Punya Hewan Peliharaan? Ini 6 Hewan Peliharaan Umum yang Mudah Dirawat

Ikan guppy adalah spesies akuarium yang populer karena mereka memakan sebagian besar makanan, tidak mengganggu spesies lain, dan hanya membutuhkan sedikit perawatan. 

Ikan guppy dapat bertahan hidup di dalam akuarium selama sekitar dua tahun jika Anda memeliharanya dengan baik.

Jenis ikan guppy dan harganya di tahun 2022

Berikut 10 jenis ikan guppy dan harganya:

1. Ikan Guppy Cobra

Ikan guppy jenis ini memiliki warna permukaan kulitnya bercorak seperti ular. Pada ikan guppy cobra jantan ekornya didominasi warna kuning, putih, dan hitam, sedangkan tubuhnya berwarna biru hitam dengan corak persis ular. 

Harga ikan guppy cobra cukup tinggi karena memiliki corak yang unik. Diketahui, harga ikan guppy jenis ini paling murah Rp 250.000 per pasang. 

2. Ikan Guppy Albino

Ikan guppy albino merupakan salah satu jenis ikan guppy platinum. Ia memiliki buntut ekor sirip serta dayung berwarna putih susu. Tidak ada corak di tubuh ikan guppy albino. 

Harga ikan guppy albino mencapai Rp 50.000 hingga Rp 350.000 per pasang. Sementara, untuk ikan guppy albino berwarna full white memiliki harga Rp 400.000 per pasang. 

Baca Juga: Sering Disebut Mirip Ikan Cupang, Ini Informasi Tentang Ikan Hias Guppy

3. Ikan Guppy Japan Blue

Jenis ikan guppy ini memiliki warna dominan biru muda seperti warna langit cerah di ekornya. Sementara di bagian tubuhnya berwarna putih kuning. 

Harga ikan guppy japan blue bisa mencapai Rp 100.000-Rp 350.000 per pasang. 

4. Ikan Guppy Tuxedo 

Berbadan gelap yang hampir menutup setengah badannya, biasanya hitam dan biru tua, bentuk siripnya unik seperti tuxedo dengan warna putih kekuningan yang kontras dengan tubuhnya. Harganya mulai Rp 200.000 per pasang.

5. Ikan Guppy Metallic

Jenis ikan guppy metallic ini memiliki warna kulit biru tua atau abu-abu metalik. Harga ikan guppy metallic mulai Rp 200.000 sepasang. 

6. Ikan Guppy Magenta 

Berasal dari Indonesia, ikan guppy ini memiliki warna dasar pink, serta sisik berwarna biru, putih dan merah. Sementara pada ekornya dominan berwarna merah menyala. 

Harga ikan guppy magenta bisa mencapai Rp 50.000 hingga Rp 250.000 per pasang. 

Baca Juga: Kuning Telur Ternyata Bermanfaat untuk Makanan Bayi Ikan Cupang

7. Ikan Guppy Mosaic

Berbeda dengan ikan guppy magenta, jenis ikan guppy mosaic ini berasal dari Singapura. Ikan ini memiliki ciri motif gelombang di ekor dan siripnya tersusun sangat rapi dengan perpaduan biru, hitam dan putih.

Sementara itu tubuhnya berwarna hijau kebiruan. Harga ikan guppy mosaic sekitar Rp 400.000 per pasang. 

8. Ikan Guppy Red Moscow

Ikan guppy red moscow memiliki dominan warna berwarna merah. Kisaran harganya sesuai dengan kualitas. 

Kualitas rendah atau benih Rp 5.000 per ekor. Sementara ikan guppy muda Rp 100.000 per pasang. Harga ikan guppy red moscow kualitas bagus bisa mencapai Rp 200.000 hingga Rp 300.000. 

9. Ikan Guppy Grass

Masih satu gen dengan ikan guppy mosaic. Warna coraknya sangat uni berupa lukisan di ekornya dengan perpaduan warna hitam, merah, dan biru. 

Nampak seperti lukisan yang transparan. tubunya berwarna putih dengan paduan merah dan biru pula. Harganya mulai dari Rp 300.000 per pasang.

Baca Juga: Manfaat Pakan Cacing untuk Ikan Hias Peliharaan

10. Ikan Guppy Multicolor

Memiliki beragam warna, ikan guppy multicolor ini memiliki minimal 3 warna di tubuhnya. Warna tersebut berbeda-beda di setiap bagian tubuhnya seperti sirip, perut, kepala dan punggung. 

Harga ikan guppy multicolor ini berkisar sekitar Rp 200.000 per pasangnya. 

Nah, itulah informasi terkait jenis ikan guppy dan harganya di tahun 2022 ini. Anda bisa memilih ikan guppy yang ingin Anda pelihara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria