10 Makanan Terbaik untuk Diet Keto, Yuk Lihat Pilihannya



MOMSMONEY.ID - Temukan rekomendasi makanan terbaik untuk diet keto di sini. Wah, apa saja, ya, pilihannya?

Diet ketogenik semakin populer karena manfaatnya dalam menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat ini bisa membantu dalam pengobatan beberapa penyakit, seperti kanker tertentu dan Alzheimer.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian berkualitas tinggi untuk memastikan keamanan dan efektivitas jangka panjang dari diet keto.


Diet keto biasanya membatasi asupan karbohidrat hingga 20-50 gram per hari. Beberapa orang menghitung total karbohidrat, sementara yang lain menghitung karbohidrat bersih, yaitu total karbohidrat dikurangi serat, karena serat tidak dapat dicerna.

Baca Juga: Apakah Jagung Bagus untuk Diet Tubuh? Ketahui Faktanya di Sini

Terdapat sejumlah makanan terbaik untuk diet keto. Melansir dari laman Healthline, di bawah ini adalah beberapa pilihannya:

1. Makanan Laut

Ikan dan kerang sangat cocok untuk diet keto. Ikan seperti salmon hampir bebas karbohidrat dan kaya akan vitamin B, kalium, dan selenium. 

Namun, jumlah karbohidrat pada kerang bisa berbeda-beda. Misalnya, udang dan sebagian besar kepiting tidak mengandung karbohidrat, sedangkan tiram dan gurita mengandung beberapa karbohidrat.

Anda masih bisa makan kerang selama diet keto, tetapi penting untuk memantau asupan karbohidrat dari makanan ini.

Salmon, sarden, makarel, dan ikan berlemak lainnya juga kaya akan lemak omega-3, yang bisa membantu menurunkan kadar insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin, terutama pada orang yang kelebihan berat badan.

2. Daging dan Unggas

Daging dan unggas adalah bahan utama dalam diet keto. Makanan ini bebas karbohidrat dan kaya akan vitamin B serta mineral penting, serta menyediakan protein berkualitas tinggi yang membantu menjaga massa otot.

Jika memungkinkan, pilih daging dari hewan yang diberi makan rumput karena mengandung lebih banyak lemak omega-3 dan CLA dibandingkan daging dari hewan yang diberi makan biji-bijian.

Baca Juga: Coba Konsumsi Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Ini yuk

3. Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik untuk diet keto. Setiap telur besar mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat dan sekitar 6 gram protein, menjadikannya ideal untuk diet ini.

Selain itu, telur dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengandung banyak nutrisi penting yang ditemukan di kuning telur, termasuk antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

4. Keju

Keju adalah makanan yang sangat cocok untuk diet keto karena kebanyakan jenisnya rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Misalnya, 1 ons (28 gram) keju cheddar mengandung hanya 1 gram karbohidrat, 6 gram protein, dan banyak kalsium.

Baca Juga: Cara Mengobati Kolesterol dengan Bahan Alami Ini, Intip Daftarnya

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau sangat cocok untuk diet keto karena rendah karbohidrat dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Sayuran berdaun gelap seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau sangat bermanfaat karena mengandung banyak vitamin K dan zat besi.

Rempah-rempah seperti oregano dan rosemary juga memberikan rasa tanpa menambah karbohidrat. Berikut adalah beberapa pilihan sayuran hijau yang ramah keto:

  • Sayuran Salad: selada, bayam bayi, arugula, escarole, dan frisee
  • Sayuran Masak: bok choy, sawi hijau, sawi, kangkung, bayam, lobak Swiss, dan kubis
  • Herbal: thyme, sage, mint, oregano, adas, peterseli, daun ketumbar, kemangi, rosemary, dan serai
6. Labu

Labu, termasuk labu kuning dan zucchini, rendah karbohidrat dan sangat serbaguna. Zucchini, misalnya, populer dalam diet keto karena bisa diubah menjadi mie zucchini, yang merupakan pengganti pasta yang bagus.

Anda juga bisa memarut zucchini untuk membuat alternatif nasi atau menambahkannya ke makanan panggang tanpa mengubah rasa. Untuk camilan, iris zucchini tipis, aduk dengan minyak zaitun, garam, dan merica, lalu nikmati sebagai salad dingin.

Baca Juga: 10 Pilihan Buah yang Bagus untuk Kolesterol, Bantu Turunkan LDL

7. Alpukat dan Zaitun

Alpukat dan zaitun adalah pilihan unik dalam diet keto karena kandungan lemaknya yang tinggi. Keduanya juga rendah karbohidrat bersih dan mengandung serat.

Zaitun mengandung oleuropein, antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi satu alpukat sehari dapat memperbaiki kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat).

8. Sayuran Non-Tepung Lainnya

Sayuran non-tepung ini rendah kalori dan karbohidrat, namun kaya akan nutrisi dan antioksidan. Sayuran ini adalah pengganti yang sangat baik untuk makanan yang tinggi karbohidrat.

Misalnya, kembang kol bisa diolah menjadi nasi kembang kol atau kembang kol tumbuk, sementara labu spageti dapat digunakan sebagai pengganti spageti. Sayuran akar seperti bengkuang dan lobak juga bisa menggantikan kentang panggang atau kentang goreng.

Baca Juga: Efektif Turunkan BB, Inilah 10 Tips Diet Tanpa Olahraga yang Bisa Anda Praktikkan

9. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah pilihan yang sehat untuk diet keto karena tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian tinggi serat, yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori.

Jenis kacang dan biji yang rendah karbohidrat dan cocok untuk keto meliputi:

  • Almond
  • Macadamia
  • Pecan
  • Kenari
  • Biji chia
  • Biji rami
10. Mie Shirataki

Mie Shirataki adalah tambahan yang bagus untuk diet keto. Makanan ini mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat bersih dan hanya 15 kalori per porsi karena sebagian besar terdiri dari air.

Mie ini dibuat dari serat kental yang disebut glukomanan, yang dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengatur gula darah.

Mie Shirataki tersedia dalam berbagai bentuk seperti nasi, fettuccine, dan linguine, dan bisa digunakan sebagai pengganti mie biasa dalam berbagai resep.

Baca Juga: Daftar Snack Sehat untuk Diet yang Layak Dicoba, Ada 17 Pilihan lo

Nah, itulah beberapa makanan terbaik untuk diet keto yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas