10 Manfaat Makan Tauge untuk Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja ya?



MOMSMONEY.ID - Bagus buat tubuh, ini, lo, manfaat makan tauge untuk kesehatan yang tak banyak orang tahu.

Tauge atau kecambah kacang hijau merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam berbagai hidangan, baik sebagai pelengkap maupun bahan utama.

Meski ukurannya kecil, tauge memiliki segudang manfaat kesehatan karena kaya akan nutrisi penting.


Mengutip dari laman Organic Facts, di bawah ini adalah manfaat makan tauge untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Tauge mengandung vitamin C, magnesium, dan seng, yang bermanfaat untuk menjaga suasana hati tetap stabil, mengurangi kecemasan, dan membantu tidur lebih baik. Kandungan bioflavonoidnya juga dapat membantu mengurangi stres secara alami.

Baca Juga: 7 Khasiat Daun Jelatang bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tauge mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kekebalan yang lebih baik, tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Tauge kaya akan vitamin K yang penting untuk pembekuan darah dan mencegah penumpukan kalsium di pembuluh darah. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tauge rendah kalori, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi membantu merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Baca Juga: 15 Cara Alami Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Patut Anda Coba

5. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan tauge yang tinggi membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Makan tauge dapat membantu mengurangi kerutan, bekas luka, serta menjaga elastisitas kulit sehingga terlihat lebih muda.

6. Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam tauge membantu meningkatkan pergerakan usus, sehingga pencernaan lebih lancar dan mencegah masalah seperti sembelit atau kembung.

7. Meningkatkan Metabolisme

Tauge mengandung berbagai vitamin B, seperti riboflavin, niasin, dan folat, yang penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Hal ini membantu proses energi dan berbagai fungsi tubuh berjalan lebih efektif.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Terbaik untuk Mengatasi Migrain

8. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi pada tauge membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Makan tauge dapat mendukung sirkulasi darah yang baik dan mencegah anemia.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Tauge mengandung vitamin K dan mineral seperti seng dan mangan yang membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

10. Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih

Tauge kaya akan vitamin C, yang bermanfaat untuk merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih penting untuk melawan infeksi dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah berbagai manfaat makan tauge untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Prospek Positif Mark Dynamics Indonesia atas Perang Tarif AS dan China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas