10 Negara Terkaya di Kawasan Timur Tengah Tahun 2024



KONTAN.CO.ID - Timur Tengah tumbuh menjadi salah satu kawasan paling kaya di Bumi berkat sumber daya mineralnya yang melimpah. Berikut adalah deretan negara terkaya di Timur Tengah.

Timur Tengah adalah kawasan geopolitik yang meliputi Semenanjung Arab, Turki, Iran, Irak, hingga Mesir. Kawasan ini identik dengan nuansa tandus yang dekat dengan gurun pasir.

Meskipun begitu, mayoritas negara di kawasan ini menggantungkan hidupnya dari kekayaan mineral seperti minyak. Banyak kawasan tandus pun kini berubah menjadi perkotaan dengan gedung pencakar langit berkat kekuatan minyaknya.


Siapakah negara paling kaya di kawasan ini? Berikut adalah 10 negara terkaya di Timur Tengah mengacu pada Produk Domestik Bruto (PDB) per kapitanya.

Baca Juga: Daftar 10 Perusahaan Terbesar di Tahun 2024

10. Mesir

  • PDB per kapita: US$17,79
Mesir kini tergabung dalam deretan negara terkaya di Timur Tengah. Negara berpenduduk lebih dari 110 juta orang ini memiliki sumber pendapatan yang beragam, seperti  manufaktur, jasa, pertanian, dan sektor gas alam.

9. Iran

  • PDB per kapita: US$20,69
Saat ini ekonomi Iran mengalami kesulitan karena sanksi internasional yang berkepanjangan, khususnya pada ekspor minyaknya. Meskipun begitu, Iran masih sanggup unjuk gigi sebagai salah satu negara terkaya di kawasan ini. Sektor pertambangan, pertanian, dan manufaktur negara ini semuanya telah tumbuh secara signifikan.

8. Oman

  • PDB per kapita: US$40,02
Mengutip Best Diplomats, sekitar tiga perempat PDB Oman berasal dari ekstraksi minyak, dan lebih dari 60% ekspor negara ini adalah hidrokarbon. Cadangan minyak Oman lebih sedikit, oleh karena itu pemerintah berkonsentrasi pada diversifikasi ekonomi.

Baca Juga: Daftar 10 Negara dengan Perekonomian Terbaik di Dunia Tahun 2024

7. Turki

  • PDB per kapita: US$43,62
Berbeda dengan kebanyakan tetangganya di Timur Tengah yang bergantung pada minyak, Turki mampu tumbuh berkat sektor lain seperti manufaktur, jasa, dan pertanian. Negara ini merupakan pemain penting dalam industri seperti elektronik, tekstil, manufaktur mobil, dan pariwisata.

6. Israel 

  • PDB per kapita: US$53,37
Israel lebih kaya daripada banyak negara tetangganya di Timur Tengah berkat sektor inovasi dan teknologinya yang sedang berkembang pesat.

5. Kuwait

  • PDB per kapita: US$53,76
Negara terkaya di Timur Tengah berikutnya adalah Kuwait. Cadangan minyak negara ini yang sangat besar, menyumbang lebih dari 90% pendapatan ekspor dan hampir 40% PDB. Minyak adalah sumber pendapatan utama Kuwait.

4. Bahrain

  • PDB per kapita: US$62,75
Bahrain terbukti berhasil memanfaatkan cadangan minyaknya yang terbatas, terutama di ladang minyak lepas pantai, untuk bisa bersaing dengan tetangganya. Minyak terus memberikan kontribusi sekitar 18% terhadap PDB Bahrain dan jadi aspek penting bagi pertumbuhan ekonominya.

Baca Juga: 10 Negara Terkaya di Asia Tahun 2024: China Masih Sulit Dikejar

3. Arab Saudi

  • PDB per kapita: US$71,37
Arab Saudi adalah pengekspor minyak mentah terbesar di dunia, membuatnya jadi pemain utama di pasar energi dunia. Perusahaan minyak Saudi Aramco yang berbasis di sana juga dianggap jadi bisnis dengan keuntungan tertinggi dunia.

2. Uni Emirat Arab

  • PDB per kapita: US$92,95
Cadangan minyak dan gas alam merupakan sumber utama pertumbuhan ekonomi Uni Emirat Arab. Sektor ini menyumbang hampir 30% dari PDB Uni Emirat Arab secara keseluruhan. Ibu kotanya, Abu Dhabi, kini menjadi tujuan wisata para miliarder dunia dan menciptakan standar kemewahan baru. Perekonomian Dubai telah didiversifikasi dengan menekankan pada perdagangan, pariwisata, dan perbankan.

1. Qatar

  • PDB per kapita: US$118,15
Peringkat teratas dalam daftar negara terkaya di Timur Tengah ditempati oleh Qatar. Pendapatan per kapita negara ini telah meningkat lebih dari 60% PDB yang berasal dari ekspor gas alam cair (LNG). Qatar merupakan pemain utama di pasar energi global karena memiliki cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia. Qatar telah membuat prestasi luar biasa dalam mendiversifikasi ekonominya yang mencakup sektor pariwisata, pendidikan, dan infrastruktur.

Selanjutnya: Trump Berjanji Hapus Pajak Berganda Bagi Warga AS yang Tinggal di Luar Negeri

Menarik Dibaca: Paling Baru! Ini Gift Code Ojol The Game 14 Oktober 2024 dari Codexplore