10 Pilihan Buah yang Bagus untuk Kolesterol, Bantu Turunkan LDL



MOMSMONEY.ID - Beberapa jenis buah ternyata dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Para penderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk konsumsi jenis buah tersebut. Namun, apa saja, sih, pilihan buah yang bagus untuk kolesterol sebenarnya?

MomsMoney akan memberikan beberapa rekomendasi buah yang bagus untuk kolesterol sebagai berikut:

1. Jeruk


Dikutip dari Eat This, penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum jus jeruk memiliki kadar kolesterol total dan LDL yang lebih rendah.

Pria yang minum jus jeruk juga 23% lebih sedikit berisiko memiliki kadar HDL rendah dibandingkan mereka yang tidak minum jus jeruk.

Mulai hari Anda dengan segelas jus jeruk bisa menjadi langkah baik untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Baca Juga: Catat, ya! Inilah Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

2. Semangka

Semangka adalah pilihan buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Semangka mengandung likopen yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dan mencegah peningkatan kolesterol.

Menikmati jus semangka bisa menjadi cara menyegarkan untuk mendapatkan banyak nutrisi penting, termasuk likopen, terutama untuk menggantikan minuman manis dengan gula tambahan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.

Selain itu, sebuah studi di Nutrition Journal (2013) menunjukkan bahwa alpukat dapat membuat Anda merasa kenyang selama 3-5 jam setelah dimakan.

Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

4. Pir

Dikutip dari Hello Sehat, satu buah pir ukuran sedang bisa memenuhi 16% kebutuhan serat harian Anda. Seperti apel, pir juga mengandung pektin yang membantu mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh, sehingga menurunkan kadar kolesterol LDL.

Baca Juga: Daftar Snack Sehat untuk Diet yang Layak Dicoba, Ada 17 Pilihan lo

5. Beri

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry, kaya akan serat pektin yang membantu mengikat kolesterol berlebih dalam usus.

Menurut studi di jurnal Nutrients (2019), mengonsumsi buah beri, baik dalam bentuk utuh, jus, atau ekstrak, dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL.

6. Anggur

Anggur juga termasuk buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, anggur baik untuk melindungi tubuh dari gangguan metabolisme akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam anggur membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) serta trigliserida dalam darah.

Baca Juga: Yuk, Konsumsi Jus untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh Ini, Ada 10 Pilihan

7. Pepaya

Buah ini kaya akan antioksidan, seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan dalam pepaya bekerja sama dengan enzim paraxonase untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah, yang dapat mengurangi risiko aterosklerosis.

8. Jambu Biji

Jambu biji juga merupakan buah yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Buah ini mengandung kalium dan serat larut air yang membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah penyakit jantung.

Baca Juga: Berikut Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, yuk Coba

9. Tomat

Tomat mengandung senyawa bernama likopen yang membantu menurunkan kadar LDL dalam darah. Selain itu, serat dalam tomat juga meningkatkan daya tahan kolesterol HDL terhadap oksidasi, sehingga kolesterol baik ini tidak mudah hancur dalam tubuh.

10. Kiwi

Sebuah studi di International Journal of Food Sciences and Nutrition (2009) menemukan bahwa buah kiwi dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama empat minggu dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dengan baik. Selain itu, kiwi juga menyediakan nutrisi penting lainnya seperti serat larut air, vitamin C, dan vitamin E.

Baca Juga: Cara Menaikkan Gula Darah yang Drop, Konsumsi Makanan Ini Yuk!

Itulah beberapa pilihan buah yang bagus untuk kolesterol yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas