10 Pulau Terbesar di Dunia, Tiga di Antaranya Ada di Indonesia



KONTAN.CO.ID - Mari simak daftar pulau terbesar di dunia. Banyak di antaranya bahkan menjadi tempat bagi lebih dari satu negara.

Bumi diisi oleh lebih dari 600.000 pulau dengan berbagai ukuran, baik yang berpenghuni maupun tidak. 

Pulau-pulau besar membentuk benua yang memiliki karakteristik geografis berbeda. Seperti Amerika Utara dan Selatan, Afrika, bahkan Australia.


Mengutip Britannica, Australia sebenarnya Australia secara teknis adalah sebuah pulau karena tidak terhubung dengan daratan lain. Namun lebih sering dianggap sebagai benua.

Tanpa memasukkan Australia, berikut adalah 10 pulau terbesar di dunia berdasarkan luas daratannya:

Baca Juga: 10 Kota Ini Memiliki Tingkat Pembunuhan Tertinggi di Dunia

1. Greenland (2.166.086 km persegi)

Greenland adalah bagian dari Denmark. Penduduknya sebagian besar adalah suku Inuit. Meski namanya memberikan kesan hijau, pada kenyataannya seluruh daratan Greenland ditutupi salju karena terletak di wilayah utara Bumi.

2. New Guinea (821.400 km persegi)

Pulau New Guinea menjadi bagian dari dua negara, yaitu Indonesia dan Papua Nugini. Pulau besar ini juga memiliki kawasan hutan hujan yang sangat luas. Salah satu titiknya bernama Fly-Digul, menjadi salah satu tempat terbasah di dunia.

3. Kalimantan (748.168 km persegi)

Pulau Kalimantan merupakan wilayah dari tiga negara sekaligus, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Dengan wilayah hutan hujan yang lebat, Kalimantan diyakini memiliki flora dan fauna paling beragam di dunia.

Baca Juga: Ini Dia 10 Negara dengan Populasi Terkecil di Dunia

4. Madagaskar (587.295 km persegi)

Pulau ini terpisah dari daratan utama benua Afrika. Madagaskar menjadi rumah bagi beberapa satwa liar yang sangat unik, termasuk hampir 40 spesies lemur dan 800 spesies kupu-kupu.

5. Baffin (507.451 km persegi)

Namanya mungkin kurang familiar. Pulau Baffin sebenarnya adalah pulau terbesar di Kanada. Menariknya, sebagian besar pulau ini tidak berpenghuni. Hanya ada beberapa desa kecil di wilayah pesisir.

6. Sumatra (443.066 km persegi)

Pulau Sumatra yang ada di Indonesia juga jadi salah satu pulau terbesar di dunia. Pulau ini juga menjadi pulau terbesar kedua di Kepulauan Sunda Besar di Kepulauan Melayu setelah Kalimantan. 

7. Honshu (227.898 km persegi)

Pulau Honshu adalah pulau utama Jepang. Pulau ini menjadi tempat bagi beberapa bentang alam ikonik seperti Gunung Fuji dan Danau Biwa.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bikin Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia

8. Pulau Victoria (217.291 km persegi)

Pulau Victoria merupakan bagian dari wilayah Kepulauan Arktik Kanada. Pulau ini memiliki keistimewaan, yaitu memiliki pulau terbesar di dunia di dalam pulau yang ada di dalam pulau.

9. Britania Raya (209.331 km persegi)

Pulau Britania Raya menjadi tempat bagi negara Inggris, Skotlandia, dan Wales. Pulau ini juga menjadi bagian dari wilayah Britania Raya yang mencakup Irlandia Utara dan beberapa pulau kecil.

10. Ellesmere (196.236 km persegi)

Pulau terakhir dalam daftar pulau terbesar di dunia adalah Ellesmere. Pulau terpencil ini terletak di Kepulauan Arktik Kanada. Kabarnya, pulau ini telah dikunjungi oleh bangsa Viking pada abad ke-10.

Selanjutnya: Sempat Berhenti Operasi Karena Gempa, Whoosh Beroperasi Normal Hari Ini

Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Turun Rp 10.000 Hari Ini 19 September