KONTAN.CO.ID - Terdapat beberapa kemampuan atau skill yang dibutuhkan di dunia kerja masa depan. Agar tidak kalah bersaing, Anda bisa mulai mempelajarinya dari sekarang. Dua kemampuan yang penting dikuasai oleh karyawan adalah hard skill dan soft skill. Mereka saling melengkapi dan penting untuk eksistensi baik karyawan dan perusahaan. Soft skill, dikutip dari The Balance Careers, merupakan kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja. Kemampuan ini melibatkan bagaimana karyawan berinteraksi, menyelesaikan masalah, hingga memanajemen pekerjaan.
Skill yang dibutuhkan di dunia kerja
Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga ikut berkembang. Selain teknologi, manusia juga perlu mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal. Melansir laman World Economic Forum (WEF), sebagian besar karyawan perusahaan perlu memperbaharui kemampuan mereka. Hal ini dilakukan agar mereka bisa bersaing hingga tahun-tahun berikutnya. Di tahun 2025, melalui penelitian dari WEF, diperkirakan ada 85 juta pekerjaan bisa dikerjakan baik manusia maupun mesin. Teknologi yang terus berkembang menuntut manusia untuk terus belajar. Teknologi buatan seperti mesin hingga kecerdasan buatan sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri. Akan ada sistem pergantian shift antara manusia dan mesin pada pekerjaan tersebut. Karenanya, penting untuk karyawan agar terus meningkatkan kemampuan mereka agar tidak kalah dengan teknologi. Namun demikian, kemampuan manusia tetap dibutuhkan di dunia kerja. Karenanya, karyawan perlu membekali diri dengan kemampuan yang terus diperbaharui.- Berpikir analitis dan inovatif.
- Mampu belajar secara aktif dan mandiri.
- Complex problem solving.
- Berpikir kritis dan analisis.
- Kreatif, original, dan inisiatif.
- Kemampuan untuk memimpin dan bersosialisasi.
- Mampu menggunakan teknologi terbaru serta mengontrol dan memonitornya.
- Kemampuan untuk mendesain teknologi dan programing.
- Ketahanan, toleransi stres dan fleksibilitas di dunia kerja.
- Mampu memecahkan masalah, penalaran, dan membuat ide.