10 Tanaman Hias untuk Bisnis, Bisa Untung dan Hasilkan Uang Banyak



MOMSMONEY.ID - Apakah tanaman hias bisa untuk bisnis? Tentu saja, ada beberapa tanaman hias untuk bisnis yang menguntungkan. Apa saja tanaman hias untuk bisnis?

Artikel ini memberikan informasi mengenai 10 tanaman hias untuk bisnis yang menguntungkan. 

Anda dapat menjadikan tanaman hias ini untuk bisnis yang menjanjikan hasilnya. 


Baca Juga: Bukan Punya Uang Banyak, Cek 3 Hal yang Bikin Hidup Bahagia ala Warren Buffett

Berikut 10 tanaman hias untuk bisnis yang menguntungkan: 

1. Bunga Kadupul 

Tanaman langka yang dikenal dengan nama bunga Kadupul ini mekar menjelang matahari terbit. Ini menampilkan bunga dengan kelopak serba putih dan aroma indah yang mungkin pernah Anda lihat di film atau di Instagram. 

Bunga cantik ini cukup jarang kita jumpai karena hanya tumbuh liar dan biasanya mekar setahun sekali.

Bunga Kadupul hanya ditemukan di satu wilayah di dunia. Ini adalah tanaman hias yang langka dan mahal. 

Keunikannya menjadikannya sangat berharga karena tidak bisa begitu saja dibeli di toko mana pun atau diproduksi sendiri, sehingga sulit mendapatkannya di tempat lain. Orang yang kedapatan menyelundupkan bunga mahal ini berisiko menghadapi hukuman berat jika ditemukan oleh pihak berwenang.

2. Alocasia Azlanii

Alocasia Azlanii adalah tanaman yang sangat istimewa dan mahal yang sangat sulit ditemukan. Ini menampilkan urat-urat indah dalam warna merah jambu, merah tua, dan ungu yang disorot dengan indah dalam warna hijau cerah di daunnya. 

Alocasia Azlanii termasuk dalam daftar tanaman paling menguntungkan yang tersedia dan dapat tumbuh hingga setinggi 12 kaki.

Mulai dari US$ 165 hingga US$ 550 dapat dihabiskan untuk pohon hias dalam ruangan ini. Karena penampilan, ukuran, dan kelangkaan tanaman yang tidak biasa, harganya pun mahal.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Berwarna Hitam yang Punya Pesona Antimainstream

3. Philodendron Tortum

Salah satu tanaman hias paling berharga yang dapat Anda temukan di taman Anda, Philodendron Tortum, hadir dalam pot berukuran enam inci. Tumbuh dengan cepat karena membutuhkan banyak kelembapan.

Ini bukan pilihan terbaik jika anggaran Anda terbatas karena Philodendron Tortum berukuran sedang biasanya berharga sekitar US$ 400.

Pertimbangkan rencana Anda dengan cermat sebelum membeli salah satu tanaman mahal ini karena persyaratan perawatan tanaman hias ini berbeda-beda tergantung di mana tanaman tersebut akan disimpan.

4. Philodendron Minimal

Di antara tanaman terindah, Philodendron Minima sangat disukai dan banyak diminati. “Philodendron collarette” dan kata “minimal” adalah beberapa dari banyak nama umum. 

Ini adalah salah satu tanaman paling menarik yang ada, dan jenis philodendron ini dikenal karena kecenderungannya yang tidak biasa dalam membentuk guratan, balok, dan bintik pada daunnya.

Secara umum, harga tanaman hias ini bervariasi tergantung di mana pembeliannya dan jenis tanamannya. Namun, karena langkanya beberapa tanaman dalam jumlah besar, mereka sering menjualnya seharga $20 hingga $50, dan varietas beraneka ragam harganya lebih mahal.

Baca Juga: 10 Pohon Dalam Ruangan yang Aman untuk Kucing, Jadi Referensi Tanaman Hias Indoor

5. Hoya Carnisa Compacta

Hoya carnosa compacta, terkadang dikenal sebagai tanaman Tali Hindu atau hanya Hoya, adalah tanaman hias yang menarik.

Tanaman ini menjadi tanaman hias gantung yang indah karena daunnya yang hijau tua dan melengkung yang tumbuh dalam benang yang rapat seperti tali.

6. Anthurium Kristalinum

Anthurium Crystallinum yang cantik termasuk dalam kelompok tanaman rumah berbunga. Batangnya yang panjang tampak berbulu lebat, dan daunnya berwarna hitam serta beludru. Saat terkena cahaya, mereka menghasilkan urat putih cemerlang yang berkilau.

Tanaman termahal yang dibeli orang adalah Anthurium Crystallinum, namun tanaman ini indah dan sepadan dengan biayanya. Dedaunan besar dan berkilau serta bunga besar berwarna merah jambu, oranye, atau putih menjadi ciri semak kuat ini dan menjadikannya menakjubkan untuk dekorasi interior.

Lokasi Anda akan mempengaruhi biaya; misalnya, tergantung di mana Anda tinggal, beberapa dapat diperoleh dengan harga US$ 100 hingga US$ 200.

7. Monstera 

Menanam tanaman langka ini dapat mengubah hobi sampingan menjadi karier penuh waktu jika Anda cukup beruntung bisa mendapatkan stek dengan harga lebih murah, bersedia berinvestasi, dan yakin dengan kemampuan perbanyakan Anda.

8. Monstera Dubia

Anda mungkin mendapati diri Anda berada di dasar tambang emas jika Anda mengenali tanaman hias ini di ruang keluarga Anda.

Monstera Dubia dapat mencapai ketinggian satu hingga dua kaki dalam setahun dan dapat terus tumbuh hingga sepuluh kaki, menumbuhkan banyak daun dan memberi Anda aliran potongan yang menguntungkan untuk menghasilkan keuntungan yang sehat.

9. Alocasia dan Caladium

Ada banyak pilihan untuk tanaman Alocasia dan Caladium, dan harga bohlam biasanya antara US$ 4 dan US$ 5. Keduanya tumbuh dalam beberapa minggu, yang memungkinkan perputaran investasi dengan cepat.

Karena desainnya, tanaman alocasia, juga dikenal sebagai kuping gajah atau sisik naga, dapat dijual sebagai tanaman dewasa dengan harga rata-rata US$ 30. Bahkan bentuk yang lebih besar dari tanaman ini bisa berharga hingga US$ 80.

Ada kemungkinan besar Anda sudah memiliki salah satu tanaman ini karena tanaman ini dengan cepat menjadi tanaman hias yang populer seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Cara Merawat Bonsai untuk Pemula, Ikuti 3 Langkah Memulai Budidaya

10. Anggrek Shenzhen

Ini adalah salah satu bunga termahal di dunia yang diciptakan sepenuhnya oleh manusia dan membutuhkan waktu delapan tahun untuk tumbuh. Anggrek ini berwarna merah tua dan membutuhkan waktu hingga empat atau lima tahun untuk mekar. Bunganya berwarna ungu tua.

Ini biasanya merupakan tanaman hias termahal yang dibeli orang. Menemukan tanaman hias yang langka dan berharga sangat penting untuk keberhasilan spesies ini. Nilai emasnya akan sepadan jika Anda cukup beruntung menemukan salah satu berlian ini.

Jadi, itulah beberapa tanaman hias untuk bisnis yang dapat Anda jadikan referensi. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria