10 Tanaman Hias untuk Kantor yang Membutuhkan Sedikit Perawatan, Cocok Jadi Dekorasi



MOMSMONEY.ID - Tanaman hias untuk kantor membantu meningkatkan suasana hati dan produktivitas. Mereka juga dapat meningkatkan kelembapan di sekitar meja. 

Ada 10 tanaman hias untuk kantor yang bisa jadi rekomendasi untuk menambah daya tarik visual pada ruang kerja Anda. 

Tak hanya itu, tanaman hias untuk kantor berikut ini juga membutuhkan sedikit perawatan. 


Baca Juga: 10 Tanaman Hias Emas yang Punya Corak Cantik dan Kesan Mewah, Cocok Jadi Dekorasi

Mengutip The Spruce, berikut 10 tanaman hias untuk kantor yang membutuhkan sedikit perawatan:

1. Tanaman Ular

Tanaman ular (Dracaena trifasciata) sangat tangguh. Baca label tanaman dengan cermat untuk menghindari memilih kultivar yang tumbuh terlalu tinggi untuk ruang kerja Anda.

Sebaliknya, carilah pilihan kerdil seperti Futura Superba atau Whitney. Mereka memerlukan sedikit perhatian khusus kecuali minuman dari botol air saat Anda keluar rumah. 

Dan, tanaman ini bekerja paling baik di tempat di mana bisa mendapatkan sinar Matahari yang terang dan tidak langsung selama delapan jam sehari. Tapi catat, tanaman ular beracun bagi hewan.

2. Ungu Afrika

Jika Anda mencari tanaman dalam ruangan kecil yang mudah tumbuh subur di kantor, pertimbangkan bunga violet Afrika ( Saintpaulia ionantha).

Bunga violet Afrika tidak pilih-pilih tentang sumber cahaya yang membantunya berkembang, dan lampu neon yang ditujukan ke tanaman dapat diterima, sehingga menjadikannya tanaman yang bagus untuk kantor tanpa jendela.

Jendela yang menghadap ke utara atau timur memberikan kondisi cahaya yang ideal namun hindari menempatkan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Terbaik Tahun 2024, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

3. Ivy English

English ivy ( Hedera helix) membutuhkan cahaya sedang dan air rata-rata untuk tumbuh subur di dalam ruangan, dan tumbuh subur di kantor di mana Anda terkena cahaya alami yang terang dan tidak langsung.

Jika sifat tanaman ivy yang memanjat menjadi terlalu subur, bungkus sulur ivy di sekitar teralis atau obelisk kecil untuk sebuah karya seni yang hidup.

Kultivar termasuk Silver Dollar dan Yellow Ripple yang menampilkan variasi abu-abu atau emas, Curly Locks atau Manda's Crested dengan daun acak-acakan, dan Pixie Dixie, yang merupakan tipe kerdil. English ivy beracun bagi manusia dan hewan. 

4. Pabrik ZZ

Zamioculus zamifolia, umumnya dikenal sebagai tanaman ZZ, adalah tanaman sukulen tahan kekeringan yang tahan terhadap cahaya redup dan sedikit air. 

Pabrik ini dapat berfungsi dengan baik jika menggunakan lampu neon sebagai satu-satunya sumber cahayanya, jadi pilihlah pabrik ZZ jika Anda memiliki kantor interior.

Batang dan dedaunan yang hampir hitam dari kultivar 'Gagak' terlihat menakjubkan di ruang kerja yang netral. Tanaman ini beracun bagi manusia dan hewan.

Baca Juga: 8 Bunga Indoor Terbaik yang Bisa Mekar di Dalam Rumah, Cocok Jadi Dekorasi

5. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya mudah tumbuh jika mendapat banyak cahaya terang di ambang jendela kantor yang cerah. Pabrik penggilingan Aloe barbadensis standar menarik di ruang kantor modern. 

Pertimbangkan kultivar Minibelle kerdil atau kultivar Tiger Tooth yang berbintik. Tumbuhkan dalam campuran kaktus berpasir untuk memastikan drainase yang baik yang dibutuhkan tanaman ini. Lidah buaya beracun bagi manusia dan hewan.

6. Philodendron

Apakah kantor dibanjiri cahaya alami atau terletak di sudut yang nyaman, philodendron yang riang menambah keceriaan dengan dedaunan hijau mengkilap dan kebiasaannya yang tertinggal.

Philodendron membutuhkan kelembapan yang teratur untuk menjaga tampilannya yang subur sehingga pot yang dapat menyiram sendiri bisa menjadi penyelamat. 

Tumbuhkan kultivar 'Brandi' berbintik keperakan dengan Philodendron hederaceum hijau sederhana untuk kombinasi yang menarik dalam sebuah wadah. Semua philodendron beracun bagi manusia dan hewan.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Warna Merah yang Cantik Mirip Mawar, Cocok untuk Dekorasi Rumah

7. Oksalis

Oxalis, juga dikenal sebagai tanaman kayu coklat kemerah-merahan atau shamrock, merupakan tanaman hias yang menambah percikan warna pada kantor dengan tampilannya yang mirip shamrock.

Beberapa jenis oxalis diperlakukan sebagai gulma rumput tetapi jenis yang dibudidayakan bisa menjadi teman kantor yang menyenangkan, seperti Oxalis vulcanicola Zinfandel, dengan dedaunan merah anggur tua dan bunga kuning.

Tanaman ini tumbuh subur dalam kelembapan rendah tetapi membutuhkan cahaya terang untuk mendapatkan warna terbaik, dan tumbuh subur di kantor yang memiliki jendela. Itu juga beracun bagi hewan.

8. Lucky bamboo

Bambu keberuntungan (Dracaena sanderiana) bukanlah bambu asli tetapi merupakan tanaman dalam ruangan yang mudah digunakan asalkan terkena sinar matahari tidak langsung, yang berarti ditempatkan di dinding jauh kantor Anda, jauh dari sinar matahari langsung.

Bersenang-senanglah saat istirahat dengan membentuk batang bambu keberuntungan menjadi bentuk seperti spiral, tenun, atau bahkan hati. 

Bambu keberuntungan tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya redup dan dapat tumbuh di air. Bambu keberuntungan beracun bagi hewan.

Baca Juga: Tips Dekorasi Tanaman Hias saat Liburan, Bikin Suasana Rumah Jadi Nyaman

9. Pothos

Pothos (Epipremnum  aureum) merupakan tanaman hijau sederhana dengan daun berbentuk hati namun tumbuh cepat; Anda mungkin melihat pertumbuhan lebih dari satu kaki per bulan. Tumbuhkan sirih gading dengan tanaman merambat yang panjang untuk menjalar di sepanjang dinding bilik atau kantor.

Pothos fleksibel dalam hal pencahayaan dan bahkan mentolerir cahaya redup atau lampu neon, tetapi pastikan ia memiliki banyak ruang untuk menyebar. Kultivar Neon dan Silver Satin sangat toleran terhadap kondisi kantor yang gelap atau kurang cahaya. Pothos beracun bagi hewan.

10. Kaktus

Kaktus tumbuh subur sebagai tanaman kantor dalam ruangan. Dua kelompok kaktus antara lain kaktus gurun (dengan duri berbulu) dan kaktus hutan (penampilannya lebih segar tanpa bagian yang berduri). 

Beberapa kaktus menghasilkan bunga, seperti kaktus Natal (dari jenis hutan).

Kaktus tidak perlu dipangkas dan jarang perlu direpoting karena pertumbuhannya lambat. 

Mereka membutuhkan tempat yang cerah untuk tumbuh subur, jadi ini adalah tanaman Anda yang terkena sinar matahari langsung jika Anda memiliki tempat tepat di dekat jendela.

Jadi, itulah beberapa tanaman hias untuk kantor yang membutuhkan sedikit perawatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria