10 Tanaman yang Membantu Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Tidak Berbahaya



MOMSMONEY.ID - Menjaga berat badan ideal adalah perhatian utama bagi kebanyakan orang. Berikut ini terdapat tanaman yang membantu menurunkan berat badan secara alami.

Tanaman yang membantu menurunkan berat badan secara alami ini dapat Anda manfaatkan. 

Anda dapat menggunakan ramuan dari tanaman yang membantu menurunkan berat badan secara alami berikut ini. 


Baca Juga: 10 Tanaman Bantu Turunkan Berat Badan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

1. Jahe

Jahe (Zingiber officinale) meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori. Jahe juga berfungsi untuk mengatur kadar glukosa dan mencegah radang perut. Tambahkan potongan kecil herba ini ke dalam masakan Anda dan lihat bagaimana ia meningkatkan pencernaan dan membakar lemak.

2. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah populer yang memicu metabolisme dan membantu mengendalikan gula darah. Kayu manis juga membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Kayu manis terutama berfungsi untuk mengatur gula darah yang juga membantu penurunan berat badan.

3. Stevia

Stevia (Stevia rebaudiana) digunakan sebagai pemanis buatan dalam makanan dan minuman. Stevia tidak mengandung kalori sehingga membantu menurunkan berat badan dan menyerap lemak. Jika Anda tidak menanam tanaman ini, selalu beli bubuk atau tablet stevia siap pakai untuk dikonsumsi.

4. Daun Mint 

Mint merupakan ramuan berkhasiat yang membantu detoksifikasi tubuh dan penurunan berat badan. Daun hijau yang harum membantu meningkatkan metabolisme pencernaan, membantu membuang racun dan limbah dari tubuh.

Baca Juga: 5 Olahan Kentang untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

5. Adas

Adas memiliki sifat diuretik yang meningkatkan pencernaan dan merangsang metabolisme. Rasanya manis dan banyak digunakan dalam pengobatan dan masakan. Biji hijau kecilnya kaya akan serat makanan, antioksidan, vitamin, dan mineral, yang membantu menurunkan berat badan dan juga memurnikan darah.

6. Bunga Dandelion

Dandelion kaya akan nutrisi yang memperlambat laju fungsi pencernaan, sehingga membuat Anda merasa lebih kenyang. Ia juga mengandung beta-karoten, yang melindungi hati Anda dari radikal bebas. Ia juga kaya akan antioksidan, vitamin K1, mineral, dan serat makanan.

7. Sawi putih

Akar chicory mengandung inulin, yang merupakan serat prebiotik yang mendukung penurunan berat badan, meningkatkan fungsi pencernaan, dan mengelola gula darah.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya membantu mengurangi lemak visceral (lemak berbahaya yang menutupi organ-organ utama). Lidah buaya juga mengurangi gula darah dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, lidah buaya juga merupakan pencahar dan pembersih racun yang sangat baik.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ambil satu atau setengah lembar daun Aloe Vera, tergantung ukuran daunnya. Potong sisi-sisinya dan keruk dagingnya yang seperti gel, lalu buat smoothie dalam blender dengan menambahkan segelas air dan satu sendok makan madu (opsional) untuk meningkatkan rasa. 

9. Peterseli

Peterseli kaya akan berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral. Peterseli juga membantu detoksifikasi tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Tambahkan satu sendok teh peterseli ke dalam 1 cangkir air mendidih, peras setengah jeruk nipis dan biarkan mendidih perlahan selama 5 menit. Anda dapat mengonsumsi hingga dua gelas sehari. Anda juga dapat mengombinasikannya dengan makanan yang dicampur dengan seledri dan jus wortel.

10. Salam

Laurel (Laurus nobilis) umumnya dikenal sebagai daun salam, rempah-rempah yang populer dalam masakan Asia. Khasiat antijamur daun salam bekerja dengan membuang bakteri berbahaya dari usus. Daun salam juga membantu meningkatkan metabolisme dengan memperbaiki sistem pencernaan.

Nah itulah beberapa tanaman yang membantu menurunkan berat badan secara alami. 

Selanjutnya: Cara Mematikan iPhone di iOS 18 dengan Mudah Selain Menggunakan Tombol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria