10 Warna Bunga Mawar Cantik yang Bisa Jadi Tanaman Hias di Rumah



MOMSMONEY.ID - Mawar tumbuh dalam berbagai warna yang memberi Anda banyak pilihan untuk dipilih saat memilih salah satu yang sesuai dengan selera dan taman pribadi Anda. Berikut ini terdapat 10 warna bunga mawar cantik. 

Warna bunga mawar berikut ini tidak banyak ditemui di pasaran. Selain warna merah, ada juga warna bunga mawar lainnya. 

Apakah Anda menyukai suasana tenang dari taman serba putih, kontras roda warna yang berlawanan, atau tampilan taman pondok tambal sulam yang berjiwa bebas, ada warna mawar yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Baca Juga: 11 Tanaman Hias Indoor Warna-warni yang Cantik untuk Dekorasi Ruangan di Rumah

Mengutip The Spruce, berikut warna bunga mawar:

1. Mawar merah 

Selain warna merahnya yang kaya, Anda akan menikmati aroma mawar asli yang tidak dimiliki banyak rangkaian bunga. 

Meskipun mawar ini tidak memiliki wangi yang sama seperti mawar mekar besar, mawar ini sangat tahan terhadap penyakit dan bahkan mungkin tidak memerlukan penyemprotan.

2. Mawar oranye

Jeruk keprok yang ceria dan mawar aprikot yang indah bersinar di taman bunga yang cerah, menghadirkan perpaduan yang tepat antara energi dan kehangatan untuk menemani penanaman bunga ungu atau biru. 

3. Mawar kuning

Bunga lemon pucat seperti bunga mawar panjat 'Lady Banks' akan memenuhi punjung Anda dengan tongkat kuat yang dipenuhi bunga. 'Graham Thomas' memiliki bunga berbentuk mangkuk besar dengan rona emas yang kaya sepanjang musim tanam.

4. Mawar hijau

Tren bunga hijau kini semakin panas, jadi pilihlah varietas mawar hijau seperti 'Lemonade', 'Jade', dan 'Super Green'.

Berbeda dengan beberapa jenis bunga hijau, corak hijau yang Anda temukan pada mawar halus dan biasanya diberi krim atau perona pipi.

Baca Juga: Ide Tanaman Hias Romantis untuk Pasangan Selain Bunga Mawar, Ini Referensinya

Mawar hijau memberikan sentuhan kesegaran mint pada rangkaian bunga apa pun. Hijau pucat adalah pelengkap keren untuk bunga lavender atau merah muda, dan menambah kesan meriah pada rangkaian liburan dengan mawar merah.

5. Mawar biru

Upaya untuk mengembangkan mawar biru sejati kini semakin mendesak karena para pemulia terkadang mengklaim adanya terobosan dalam pewarnaan. 

Meskipun mawar tidak memiliki gen yang menyebabkan kelopak bunga berwarna biru, para peneliti bekerja dengan teknik manipulasi genetika canggih untuk mentransfer gen biru dari bunga biru seperti bunga pansy atau iris.

Mawar biru royal apa pun yang mungkin Anda temui di toko bunga adalah hasil pewarna buatan.

6. Mawar pink

Mawar merah muda memiliki beragam warna mulai dari warna permen karet dan fuchsia yang menyenangkan hingga romansa warna blush on, salmon, dan warna ungu muda.

Jadikan taman mawar merah muda Anda luar biasa dengan penanaman ombré. Susun setidaknya lima semak mawar dari rona pucat hingga merah muda tua di tepinya.

7. Mawar ungu

Mawar berwarna gelap seperti ungu dan merah anggur berada dalam kondisi terbaiknya saat mendapat naungan sore hari. Sinar matahari sore langsung dapat menyebabkan kelopak bunga hangus, sehingga tepinya menghitam dan menggulung.

Baca Juga: Cara Memangkas Bunga Mawar agar Berbunga Lebih Banyak

Ingatlah bahwa sebagian besar mawar yang dipasarkan sebagai "biru" sebenarnya adalah mawar ungu atau ungu. Demikian pula, mawar berlabel perak biasanya berwarna ungu atau ungu.

Situasi pencahayaan tertentu atau penanaman pendamping dapat membantu menonjolkan warna biru atau perak pada mawar ungu.

8. Mawar putih

Banyak mawar putih yang memiliki sentuhan krem ​​​​atau merah muda yang menambah daya tariknya. Bunga mawar putih dengan warna pink dan krem ​​​​tampak bersinar di taman. 

9. Mawar dua warna

Mawar-mawar ini menyenangkan seorang desainer taman jika ditanam bersama sahabat yang menonjolkan salah satu warna dominan pada bunga mawar. 

Meskipun mawar dua warna mencolok dan berbeda dari satu warna, mawar ini tidak memerlukan perawatan lebih dari mawar pada umumnya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pot Terbaik untuk Bunga Mawar, Makin Terlihat Cantik

10. Mawar pelangi

Anda bisa menanam mawar pelangi, tapi apakah mungkin menumbuhkan satu mawar pelangi? Mawar pelangi adalah tren populer di industri bunga, namun merupakan ciptaan manusia, bukan hasil langsung dari kebun unicorn. 

Metode yang digunakan untuk membuat mawar pelangi bervariasi, tetapi mencakup semprotan profesional, pewarna celup, dan pewarna serapan, yang menambah warna melalui penyerapan melalui batang. 

Mawar pelangi diberi markup karena biaya tenaga kerja tambahan, namun Anda dapat menambah uang Anda dengan menambahkan mawar tambahan dan bunga lain dari taman Anda ke buket mawar pelangi.

Nah, itulah beberapa warna bunga mawar cantik yang bisa jadi tanaman hias di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria