11 Daftar Minyak Rendah Kolesterol yang Menyehatkan, Cegah Kolesterol Tinggi



MOMSMONEY.ID - Cegah kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular, inilah pilihan minyak rendah kolesterol yang menyehatkan.

Kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Pemilihan jenis minyak untuk memasak berperan penting dalam mengontrol kadar kolesterol.

Minyak rendah kolesterol tidak hanya dapat membantu mencegah kolesterol tinggi, tetapi juga mendukung pola makan sehat secara keseluruhan.


Merangkum dari laman Healthifyme dan Heart.org, berikut adalah beberapa rekomendasi minyak rendah kolesterol yang menyehatkan:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun extra-virgin adalah salah satu pilihan paling sehat karena memiliki nol kolesterol. Satu sendok makan minyak zaitun memiliki 2 g lemak jenuh, 10 g lemak tak jenuh tunggal, termasuk asam oleat, dan sekitar 1 g lemak tak jenuh ganda.

Sebuah studi menunjukkan bahwa antioksidan kuat dalam minyak zaitun meningkatkan HDL dan menurunkan kolesterol total, LDL, dan trigliserida lebih dari minyak nabati lainnya.

Baca Juga: Aman dan Sehat, Ini Daftar Buah yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

2. Minyak alpukat

Minyak alpukat membawa lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dari semua minyak, dengan manfaat anti-inflamasi, antioksidan dan kesehatan jantung.

Minyak alpukat juga mengandung antioksidan bermanfaat seperti lutein, yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh Anda. Jadi menambahkan minyak alpukat adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lutein, yang mendukung kesehatan mata Anda.

3. Minyak kedelai

Minyak kedelai adalah sumber asam lemak omega-3 non-ikan yang sangat baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kedelai (1 dan 1/2 sendok makan setiap hari) menurunkan kadar kolesterol yang bersirkulasi. Selain itu, pitosterol dalam minyak kedelai mengurangi kolesterol LDL.

Baca Juga: Mudah Dibuat, Ini 11 Pilihan Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Layak Dicoba

4. Minyak kacang

Minyak kacang adalah minyak yang terbuat dari biji tanaman kacang tanah. Minyak kacang yang tidak dimurnikan atau ditekan dingin mempertahankan sebagian besar nutrisi. Titik asap minyak kacang yang relatif tinggi sangat ideal untuk memanggang dan membakar daging.

5. Minyak wijen

Minyak wijen bebas kolesterol dan memiliki campuran lemak yang sehat. Setiap satu sendok makan minyak wijen mengandung lebih dari 5 gram lemak tak jenuh tunggal dan 2 gram lemak jenuh.

Baca Juga: Ragam Manfaat Jinten untuk Kesehatan, Cegah Kanker dan Kontrol Kolesterol

6. Minyak biji chia

Minyak chia adalah minyak berwarna emas yang dikemas dengan asam alfa-linolenat, yang membantu membuat asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung.

Biji chia tinggi serat, namun minyak mengurangi kandungan serat tersebut karena proses ekstraksi. Oleh karena itu, jangan mengandalkan minyak biji chia untuk memenuhi kebutuhan serat Anda.

7. Minyak kanola

Minyak ini dikenal memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Minyak kanola sering direkomendasikan sebagai pilihan yang sehat untuk memasak sehari-hari karena profil lemaknya yang seimbang.

Baca Juga: Aneka Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Catat ya!

8. Minyak jagung

Minyak ini kaya akan lemak tak jenuh, khususnya omega-6. Minyak jagung populer digunakan dalam memasak dan menggoreng karena titik asapnya yang tinggi dan rasa yang netral.

9. Minyak safflower

Minyak ini memiliki kandungan lemak tak jenuh sangat tinggi dan sedikit lemak jenuh. Cocok untuk memasak pada suhu tinggi dan sering digunakan sebagai minyak salad karena rasanya yang hampir tidak terasa.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Konsumsi dan Dapatkan 10 Khasiat Ini

10. Minyak bunga matahari

Kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh, minyak bunga matahari baik untuk memasak dan menggoreng. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi, membuatnya ideal untuk memasak suhu tinggi.

11. Minyak sayur

Minyak sayur biasanya merupakan campuran dari beberapa minyak seperti kedelai, jagung, dan canola. Minyak sayur serbaguna untuk hampir semua jenis masakan. Profil lemaknya yang seimbang menjadikannya pilihan yang cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Itulah beberapa minyak rendah kolesterol yang menyehatkan. Selain lebih sehat, menggunakan minyak-minyak tersebut dapat membantu Anda mencegah kolesterol tinggi hingga penyakit kardiovaskular lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas