11 Makanan yang Mengandung Banyak Kalsium, Bagus untuk Tulang dan Ibu Hamil



KONTAN.CO.ID - Kalsium adalah nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan tulang dan kepadatan tulang. Jika konsumsi makanan yang mengandung kalsium kurang, maka pembentukan tulang baru akan terhambat dan puncak kepadatan tulang tidak tercapai dengan sempurna. 

Kebutuhan kalsium setiap orang pun berbeda tergantung usianya. Kalsium terutama dibutuhkan saat remaja, karena tulang tumbuh dengan cepat. 

Namun, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan janin. 

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, makanan yang mengandung kalsium tinggi diantaranya adalah ikan sarden, salmon, ikan yang dimakan bersama tulangnya (teri), makanan berbahan dasar kedelai (tahu, tempe, susu kedelai), kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, dan buah-buahan. 

Selain itu, apa saja makanan yang mengandung banyak kalsium? 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian, Cek Yuk!

Makanan yang mengandung kalsium

Dirangkum dari laman Gramedia dan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, berikut adalah daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi: 

1. Susu 

Bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah susu. Susu sapi maupun susu kambing adalah salah satu sumber kalsium terbaik dari segala produk susu lainnya. 

Selain itu, kandungan kalsium yang ada pada susu, baik susu segar maupun susu evaporated pada umumnya dapat lebih mudah untuk diserap ke dalam tubuh.

Baca Juga: Bisa Meredakan Nyeri Sendi, Ini Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan

Kandungan kalsium pada satu cangkir susu sapi dapat mencapai 275 hingga 350 miligram. Sedangkan kandungan kalsium yang ada pada satu cangkir susu kambing sendiri diperkirakan sekitar 330 miligram.

Jumlah itu sendiri sudah setara dengan 27 hingga 35% dari jumlah total kebutuhan kandungan kalsium harian manusia.

Selain kaya akan kalsium, susu juga kaya akan kandungan protein, vitamin A, serta vitamin B yang juga bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis, Catat Yuk!

2. Yoghurt 

Selanjutnya, makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah yoghurt. Khususnya yogurt rendah lemak yang memiliki sumber kalsium yang baik bagi tubuh.

Pada satu porsi yogurt yang setara dengan 250 gram, memiliki kandungan kalsium kurang lebih sekitar 260 miligram. Jumlah tersebut memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan kalsium seseorang setiap harinya. 

Selain itu, rutin mengonsumsi yoghurt juga dipercaya dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis, Catat Yuk!

3. Keju

Kemudian, makanan yang mengandung banyak kalsium adalah keju, khususnya keju parmesan. Pada keju parmesan sebesar 30 gram, terdapat setidaknya 330 miligram kandungan kalsium. 

Jumlah tersebut setara dengan sekitar 33% dari asupan harian kandungan kalsium yang dibutuhkan oleh seseorang. Namun, keju dengan konsistensi yang lebih lunak cenderung memiliki kandungan kalsium lebih sedikit. 

Baca Juga: Coba Simak 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Catat Ya!

Misalnya, dalam satu ons keju brie hanya dapat menghasilkan setidaknya 52 miligram kalsium atau sebesar 5% dari asupan kalsium yang dibutuhkan sehari-hari.

Namun, pada umumnya varian keju lain mengandung setidaknya 20% kalsium dari yang dibutuhkan tubuh sehari-harinya.

Tetapi, keju juga memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Serta beberapa varian keju juga mengandung banyak natrium. 

Baca Juga: Bikin Awet Muda sampai Menurunkan Gula Darah, Ini Manfaat Markisa untuk Kesehatan

4. Sayuran hijau 

Sayuran hijau juga merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium. Beberapa jenis sayuran yang mengandung kalsium tinggi yakni lobak, bayam, sawi hijau, brokoli, okra, serta bok choy.

Namun, beberapa sayuran hijau yang memiliki kandungan kalsium tinggi juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan dari kalsium di dalam tubuh. 

Oleh sebab itu, agar asupan kalsium harian yang dibutuhkan tetap terpenuhi, sangat disarankan untuk mengkonsumsi bahan makanan lainnya yang mengandung kalsium tinggi diluar dari sayuran hijau.

Baca Juga: Bikin Awet Muda sampai Menurunkan Gula Darah, Ini Manfaat Markisa untuk Kesehatan

5. Makanan laut

Kemudian, makanan laut juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Di antaranya adalah ikan sarden, ikan tongkol, ikan teri, serta ikan salmon yang kaya akan kandungan kalsium.

Selain kalsium, ikan laut juga mengandung protein serta asam lemak omega 3 yang juga bagus dalam menjaga kesehatan organ jantung, otak, serta kulit seseorang.

Baca Juga: Mugil dan Kaya Vitamin C, Ini Manfaat Kedondong untuk Kesehatan

6. Biji-bijian dan kacang-kacangan 

Lalu, makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Di antaranya yakni kacang almond, biji chia, biji wijen, kacang tanah, kedelai, lentil, dan kacang merah. 

Misalnya, pada 1 sendok makan atau 9 gram biji wijen dapat memenuhi 9% asupan gizi harian kalsium yang dibutuhkan tubuh. Ditambah kandungan lainnya seperti mineral yang termasuk tembaga, besi, serta mangan yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain memiliki kandungan kalsium yang tinggi, kacang-kacangan serta biji-bijian juga kaya akan berbagai jenis nutrisi lainnya, seperti halnya serat, protein, zinc, zat besi, kalium, magnesium, serta folat. 

Baca Juga: Tengok 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Menarik, Apa Saja?

7. Makanan olahan kedelai 

Makanan olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan susu kedelai juga merupakan makanan yang mengandung banyak kalsium. Hal ini bisa membuat makanan tersebut menajdi alternatif sumber kalsium bagi orang-orang yang merupakan vegetarian atau sekedar menjalani diet vegetarian. 

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh yang Menjadi Sorotan

8. Jeruk 

Bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi, yaitu buah jeruk yang juga terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Dalam satu buah jeruk terdapat sekitar 65 miligram kandungan kalsium di dalamnya.

Baca Juga: Coba Simak 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Catat Ya!

9. Selada 

Kemudian, selada juga menjadi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Pada 50 gram selada setidaknya mengandung 19 miligram kalsium.

Baca Juga: Bisa Atasi Racun, Cek Manfaat Lain dari Air Kelapa

10. Edamame

Berikutnya, makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah edamame. Satu porsi edamame seberat 155 gram dapat memenuhi kebutuhan kandungan kalsium harian sebesar 10%. 

Selain itu, edamame juga mengandung protein tinggi, sembilan asam amino esensial, serta kandungan serat yang bagus untuk pencernaan tubuh.

Baca Juga: Bisa Timbulkan Komplikasi Parah, Catat Buah, Sayur & Makanan Penurun Darah Tinggi

11. Bahan makanan yang diperkaya kalsium 

Terakhir, makanan yang mengandung kalsium yakni bahan makanan yang diperkaya kalsium seperti sereal, oatmeal, dan roti. 

Namun, Anda dapat lebih memastikannya melalui label kemasan yang ada pada produk tersebut.

Demikian informasi mengenai makanan yang mengandung banyak kalsium yang bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News