11 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Segala Peralatan di Rumah



MOMSMONEY.ID - Jika digunakan dengan tepat, menggunakan cuka untuk mencuci bisa membantu menghilangkan bau dari baju, menghilangkan penumpukan produk cucian dan banyak lagi. Yuk, simak apa lagi manfaat cuka untuk membersihkan segala peralatan di rumah.

Namun, cuka tidak ideal untuk semua pekerjaan dan peralatan laundry. Jadi, penting untuk mempelajari kapan perlu dan tidak menggunakan cuka untuk menjaga cucian dan mesin cuci Anda dalam kondisi baik. 

Saat membeli cuka untuk cucian, pilih cuka putih suling. Tapi, jika Anda hanya memiliki cuka sari, encerkan dengan air sebelum menuangkannya langsung ke pakaian. 


Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat, Kenali Juga Khasiat Lain Cuka Apel untuk Kesehatan

Melansir The Spruce, ini 11 manfaat cuka untuk membersihkan segala peralatan di rumah:

Melarutkan residu sabun

Asam asetat dalam cuka putih suling memiliki manfaat untuk melarutkan residu yang tersisa di kain karena sabun dan deterjen. Tambahkan setengah cangkir cuka putih suling secara manual di awal siklus bilas. 

Mencerahkan dan memutihkan pakaian

Alasan lain Anda membutuhkan cuka untuk mencuci adalah cuka bisa mencerahkan pakaian yang kursam.

Untuk mendapatkan pakaian dalam dan kaos kaki kembali putih, tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke satu galon air ke dalam panci besar. Panaskan larutan hingga mendidih, matikan api kemudian rendam kain yang ingin Anda cerahkan. 

Menyingkirkan bau jamur

Manfaat cuka pertama adalah, menambahkan cuka selama siklus pencucian dapat menghilangkan bau jamur atau asam pada handuk. Isi mesin cuci dengan air hangat kemudian tambahkan 2 cangkir cuka putih suling

Baca Juga: Coba Konsumsi, Berikut 10 Makanan Pencegah Kanker yang Baik untuk Tubuh

Melembutkan kain secara alami

Alasan Anda harus menggunakan cuka putih adalah, cuka bisa menjadi pelembut kain alami dengan menghilangkan residu yang terjebak di dalam kain dan membuat cucian terasa gatal. Gunakan setengah cangkir dalam siklus bilas terakhir. 

Mengurangi serat dan rambut hewan peliharaan

Menggunakan cuka dalam siklus bilas akan membantu mencegah bulu dan serat hewan peliharaan menempel pada pakaian. Ingat, cuka tidak boleh digunakan di setiap siklus pencucian. Anda bisa menggunakan cuka di awal siklus bilas dan jangan gabung dengan pelembut kain komersial. 

Melawan bau di bagian ketiak

Cuka dapat disemprotkan ke pakaian untuk menghilangkan bau keringat dan noda pada pakaian putih yang bisa dicuci.

Isi botol semprot dengan cuka putih suling murni dan simpan di ruang cuci. Semprotkan cuka langsung ke area ketiak baju dan biarkan selama 10 menit sebelum melemparnya ke mesin cuci. 

Menghapus garis hem

Cuka juga bisa membantu menyembunyikan tanda perubahan pakaian. Untuk menghilangkan lubang kecil yang tersisa di sepanjang jahitan atau keliman saat pakaian diubah, basahi kaun di atas papan setrika kemudian setrika untuk mencegah bekas yang mengkilap. 

Baca Juga: 6 Makanan bagi Penderita Diabetes Supaya Tidak Lemas, Bantu Tambah Energi

Menjaga pakaian tetap gelap

Manfaat cuka juga bisa membantu mencegah kusam pada pakaian berwarna gelap dengan menghilangkan sisa sabun dan deterjen. Sekali lagi, jangan menggunakan cuka setiap kali Andalan pelu mencerahkan pakaian gelap Anda.

Sebaiknya, rendam dulu dengan air dan cuka baru cuci secara normal. Anda juga bisa menambahkan setengah cangkir cuka di siklus bilas terakhir. 

Menyingkirkan aroma yang kuat

Alasan lain Anda membutuhkan cuka di ruang laundry adalah bisa membantu menghilangkan bau yang kuat seperti asap rokok dan bau masakan fast food. Isi ember dengan air hangat dan tambahkan 1-2 cangkir cuka putih suling.

Kemudian, rendam pakaian yang bau semalaman kemudian cuci seperti biasa. 

Membersihkan mesin cuci

Cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci. Cukup bilas terlebih dahulu mesin cuci hingga sisa sabun hilang semua, kemudian gunakan air hangat dan dua cangkir cuka putih suling.

Lalu, jalankan siklus cucian seperti biasa. Bersihkan mesin cuci dengan cuka sekitar 4 kali per tahun. 

Membersihkan setrika

Gunakan cuka untuk melarutkan endapan mineral yang dapat menyumbat ventilasi uap setrika dan nozel semprot.

Caranya, isi bagian wadah air di setrika dengan laruan cuka dan air 1:1. Atur setrika dalam posisi tegak di permukaan yang tahan panas dan biarkan setrika menyala selama lima menit. Jika sudah, biarkan mendingin kemudian bikas tangki dengan air bersih. 

Itu tadi 11 daftar manfaat cuka untuk membantu membersihkan segala peralatan di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta