12 Cara Sederhana Menurunkan Gula Darah secara Alami, yuk Terapkan



MOMSMONEY.ID - Mari terapkan! Ini dia beberapa cara sederhana menurunkan gula darah secara alami yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

Menjaga kadar gula darah tetap stabil sangat penting untuk kesehatan, terutama bagi mereka yang berisiko atau telah didiagnosis dengan diabetes.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti masalah jantung, kerusakan saraf, dan gangguan penglihatan.


Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara sederhana menurunkan gula darah secara alami yang dapat Anda terapkan. Bersumber dari Very Well Health, inilah beberapa cara tersebut:

1. Batasi karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang diubah menjadi gula dalam tubuh. Makanan seperti permen, roti, pasta, dan nasi mengandung karbohidrat tinggi yang dapat meningkatkan gula darah dengan cepat.

Untuk menurunkan gula darah, pilih karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan sayuran berserat tinggi yang diserap lebih lambat oleh tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Sayur Genjer untuk Kesehatan Tubuh Anda yang Luar Biasa

2. Minum air yang cukup

Tetap terhidrasi sangat penting bagi penderita diabetes atau pradiabetes. Dehidrasi bisa membuat gula darah lebih pekat. Hindari minuman manis dan pilihlah air putih untuk membantu mengeluarkan kelebihan gula melalui urine.

3. Tambahkan serat dalam diet Anda

Serat tidak meningkatkan gula darah seperti karbohidrat lainnya. Mengonsumsi makanan kaya serat seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan dapat membantu mengontrol gula darah dan memberi rasa kenyang lebih lama.

4. Konsumsi bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Meskipun efek bawang putih terhadap gula darah masih dalam penelitian, mengonsumsinya secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jengkol bagi Kesehatan Tubuh? Cek Juga Efek Sampingnya!

5. Coba probiotik

Probiotik yang terdapat dalam yogurt dan makanan fermentasi bermanfaat untuk kesehatan usus dan dapat membantu menurunkan gula darah puasa serta meningkatkan sensitivitas insulin.

6. Makan dalam porsi kecil dan sering

Makan dalam porsi besar bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Sebaliknya, makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari.

7. Jangan lewatkan sarapan

Melewatkan sarapan bisa menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan gula darah. Pilih sarapan sehat seperti oatmeal atau telur untuk menjaga gula darah tetap stabil di pagi hari.

8. Capai berat badan yang sehat

Menjaga berat badan ideal sangat penting untuk mengontrol gula darah. Berat badan berlebih meningkatkan risiko diabetes. Jadi, melakukan perubahan gaya hidup seperti diet dan olahraga bisa sangat membantu.

Baca Juga: 15 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal Anda, Ketahui Ada Apa Saja

9. Rutin berolahraga

Olahraga membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien dan menurunkan gula darah. Olahraga, seperti jalan cepat atau bersepeda, selama 150 menit seminggu direkomendasikan untuk menjaga kesehatan.

10. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan gula darah dan memperparah kondisi penderita diabetes. Berhenti merokok bisa membantu menurunkan gula darah serta meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

11. Dapatkan tidur yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan resistensi insulin, sehingga lebih sulit mengendalikan gula darah. Pastikan Anda tidur setidaknya 7 jam setiap malam untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Ginjal agar Tetap Sehat, Yuk Terapkan!

12. Kelola stres dengan baik

Stres dapat meningkatkan gula darah melalui pelepasan hormon kortisol. Mengelola stres dengan teknik seperti yoga, meditasi, atau hobi yang menyenangkan dapat membantu menurunkan gula darah.

Demikianlah ulasan terkait cara sederhana menurunkan gula darah secara alami yang dapat Anda coba terapkan. Semoga bermanfaat, ya.

Tonton: Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Cek Daftarnya Berikut Ini

Selanjutnya: Harga Pangan di Sumatra Utara, 25 Oktober 2024: Harga Cabai, Beras, & Daging Turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas