12 Rekomendasi Jus yang Mampu Menurunkan Gula Darah, Cek Daftarnya!



MOMSMONEY.ID - Gula darah tinggi? Mari konsumsi jus yang mampu menurunkan gula darah.

Jus tertentu dapat membantu mengontrol gula darah bila dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan yang seimbang, terutama bagi penderita diabetes. Jus ini umumnya memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu lonjakan gula darah yang drastis.

Menambahkan jus ke dalam diet diabetes juga bisa menjadi cara yang baik untuk menjaga hidrasi. Bagi mereka yang sulit minum air yang cukup, jus adalah pilihan yang menambah asupan cairan sekaligus membantu mengelola kadar gula darah.


Baca Juga: 10 Jus Pembakar Lemak untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Selain mendukung kontrol gula darah, jus-jus ini juga mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Melansir laman Tap Health, inilah beberapa jus yang mampu menurunkan gula darah:

1. Jus Tomat

Tomat kaya antioksidan dan rendah karbohidrat, menjadikannya jus yang baik untuk penderita diabetes. Jus tomat dapat membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Jus Bayam

Bayam mengandung vitamin dan mineral tinggi, rendah karbohidrat, dan kaya serat. Ini membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: 10 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong di Pagi Hari

3. Jus Kale

Kale memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi penderita diabetes, termasuk senyawa yang dapat membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Jus Wortel

Jus wortel kaya serat dan rendah karbohidrat, sehingga dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil. Kandungan antioksidan dalam wortel juga dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes.

Baca Juga: 9 Olahraga Penurun Gula Darah yang Ampuh, Sudahkah Anda Mencobanya?

5. Jus Lemon

Jus lemon rendah kalori dan kaya vitamin C, yang bisa membantu mengatur gula darah. Selain itu, jus lemon memberikan hidrasi yang penting untuk penderita diabetes.

6. Jus Apel Hijau

Apel hijau memiliki kadar gula yang lebih rendah dibandingkan apel merah dan kaya serat. Konsumsi jus apel hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: 15 Makanan Tinggi Protein yang Ampuh Menurunkan Berat Badan, Jangan Lewatkan!

7. Jus Mentimun

Mentimun kaya air dan rendah karbohidrat, sehingga menjadi pilihan yang cocok bagi penderita diabetes. Kandungan airnya juga membantu menjaga hidrasi tubuh.

8. Jus Pare

Jus pare sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk diabetes karena dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Meski rasanya pahit, jus pare memiliki banyak manfaat.

Baca Juga: 4 Manfaat Plank untuk Tubuh, Begini Cara Melakukannya!

9. Jus Seledri

Seledri rendah kalori dan karbohidrat, serta dapat membantu mengontrol gula darah. Seledri juga memiliki efek antiinflamasi yang baik untuk tubuh.

10. Jus Bit

Bit kaya antioksidan dan membantu mengontrol gula darah. Namun, jus bit harus dikonsumsi dalam jumlah moderat karena mengandung gula alami.

Baca Juga: Aice Luncurkan Aice Crispy Balls Edisi Terbatas untuk Hormati Atlet Indonesia

11. Jus Delima

Delima mengandung antioksidan dan polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan peradangan. Konsumsi jus delima juga dapat mendukung pengelolaan gula darah.

12. Jus Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan membantu mengatur gula darah. Jus jahe juga bermanfaat bagi pencernaan dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah, Begini Penjelasannya!

Demikianlah rekomendasi jus yang mampu menurunkan gula darah. Meski begitu, jus ini tidak menggantikan manfaat buah dan sayuran utuh yang kaya serat untuk mengontrol gula darah lebih baik.

Bagi penderita diabetes, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum menambah jus ke dalam diet. Hal ini berguna untuk  memastikan kebutuhan gizi dan kesehatan secara menyeluruh terpenuhi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Tukar Kode Redeem ML Hari ini 11 Oktober 2024 dan Cara Klaimnya, ini yang Masih Aktif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas