13 Daftar Makanan Pelancar Peredaran Darah Terbaik, Coba yuk



MOMSMONEY.ID - Baik untuk kesehatan tubuh, yuk, konsumsi makanan pelancar peredaran darah terbaik berikut ini!

Peredaran darah yang lancar sangat penting untuk kesehatan, karena darah mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah, Anda bisa menambahkan beberapa jenis makanan pelancar peredaran darah ke dalam menu sehari-hari.


Bersumber dari laman Healthline, di bawah ini adalah beberapa pilihan makanan pelancar peredaran darah terbaik yang dapat Anda coba:

1. Tomat

Tomat bekerja serupa dengan obat penghambat ACE karena dapat mengurangi aktivitas enzim yang menyebabkan pembuluh darah menyempit.

Baca Juga: Inilah Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Kolesterol

2. Buah Beri

Beri seperti blueberry dan strawberry mengandung antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

3. Jahe

Dikenal akan kemampuannya dalam mengurangi tekanan darah tinggi yang dapat memengaruhi aliran darah, jahe adalah bahan tradisional yang memperbaiki sirkulasi darah.

4. Cabai Rawit

Cabai rawit mengandung capsaicin, sebuah fitokimia yang dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan dengan cara mengurangi tekanan darah dan merangsang pelepasan oksida nitrat serta vasodilator lainnya.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Diet Keto, Yuk Lihat Pilihannya

5. Delima

Buah delima sangat kaya akan antioksidan polifenol dan nitrat yang kuat sebagai vasodilator. Mengonsumsi delima dalam bentuk jus atau buah segar dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke jaringan otot.

6. Bawang Merah

Bawang merah merupakan sumber yang kaya akan antioksidan flavonoid yang membantu pembuluh darah melebar saat aliran darah meningkat. Selain itu, bawang merah juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah.

7. Kayu Manis

Kayu manis dikenal dapat meningkatkan aliran darah dan memiliki banyak manfaat kesehatan lain, termasuk penurunan tekanan darah yang signifikan.

8. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur termasuk allicin yang efektif dalam meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah.

Baca Juga: Kacang-kacangan untuk Diet yang Terbaik, Ada 6 Rekomendasi untuk Anda

9. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon dan mackerel, kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan aliran darah dengan merangsang produksi oksida nitrat dan mengurangi penggumpalan darah.

10. Bit

Buah bit mengandung nitrat yang tinggi. Oksida nitrat dapat membantu relaksasi dan dilatasi pembuluh darah, serta meningkatkan aliran darah.

11. Kunyit

Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, telah terbukti meningkatkan aliran darah dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya termasuk sifat anti-inflamasi.

12. Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam dan kale kaya akan nitrat yang meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat memperbaiki aliran darah.

Baca Juga: Apakah Jagung Bagus untuk Diet Tubuh? Ketahui Faktanya di Sini

13. Buah Jeruk

Kaya akan flavonoid, buah jeruk dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah dengan mengurangi kekakuan arteri.

Demikianlah daftar makanan pelancar peredaran darah terbaik yang dapat Anda konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas