13 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah yang Terbaik, Bisa Dicoba!



MOMSMONEY.ID - Peredaran darah yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, karena darah bertugas membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah, beberapa makanan bisa dimasukkan ke dalam diet sehari-hari. Apa saja sih makanan untuk melancarkan peredaran darah?

Menyadur dari laman Healthline, berikut adalah 13 makanan untuk melancarkan peredaran darah yang dapat Anda coba:

1. Tomat


Tomat bekerja serupa dengan obat penghambat ACE karena dapat mengurangi aktivitas enzim yang menyebabkan pembuluh darah menyempit.

Baca Juga: Bagus untuk Otak Anda, Intip 10 Manfaat Konsumsi Apel untuk Kesehatan yuk

2. Buah Beri

Beri seperti blueberry dan strawberry mengandung antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

3. Jahe

Dikenal akan kemampuannya dalam mengurangi tekanan darah tinggi yang dapat memengaruhi aliran darah, jahe adalah bahan tradisional yang memperbaiki sirkulasi darah.

Baca Juga: 7 Khasiat Pare untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol lo

4. Cabai Rawit

Cabai rawit mengandung capsaicin, sebuah fitokimia yang dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan dengan cara mengurangi tekanan darah dan merangsang pelepasan oksida nitrat serta vasodilator lainnya.

5. Delima

Buah delima sangat kaya akan antioksidan polifenol dan nitrat yang kuat sebagai vasodilator. Mengonsumsi delima dalam bentuk jus atau buah segar dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke jaringan otot.

Baca Juga: Perkuat Imun hingga Cegah Kanker, Intip 12 Manfaat Sawo untuk Kesehatan yuk!

6. Bawang Merah

Bawang merah merupakan sumber yang kaya akan antioksidan flavonoid yang membantu pembuluh darah melebar saat aliran darah meningkat. Selain itu, bawang merah juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah.

7. Kayu Manis

Kayu manis dikenal dapat meningkatkan aliran darah dan memiliki banyak manfaat kesehatan lain, termasuk penurunan tekanan darah yang signifikan.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga untuk Asam Lambung, Simak Rekomendasi Gerakannya

8. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur termasuk allicin yang efektif dalam meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah.

9. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon dan mackerel, kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan aliran darah dengan merangsang produksi oksida nitrat dan mengurangi penggumpalan darah.

Baca Juga: 9 Makanan yang Menyebabkan Alergi serta Gejala yang Ditimbulkan, Cek yuk

10. Bit

Buah bit mengandung nitrat yang tinggi. Oksida nitrat dapat membantu relaksasi dan dilatasi pembuluh darah, serta meningkatkan aliran darah.

11. Kunyit

Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, telah terbukti meningkatkan aliran darah dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya termasuk sifat anti-inflamasi.

Baca Juga: Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

12. Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam dan kale kaya akan nitrat yang meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat memperbaiki aliran darah.

13. Buah Jeruk

Kaya akan flavonoid, buah jeruk dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah dengan mengurangi kekakuan arteri.

Itulah beberapa makanan untuk melancarkan peredaran darah yang dapat Anda konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas