14 proyek tol bisa jalan terus, 8 harus cari mitra baru



JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum sudah menyelesaikan evaluasi tahap pertama terhadap 24 proyek ruas jalan tol di Indonesia. Hasil evaluasi itu menyatakan sebanyak 14 proyek tol masih bisa dilanjutkan oleh pemegang konsesi.

“Sisanya, delapan proyek perlu dicarikan investor pendamping dan dua proyek yang laporan keuangannya belum lengkap,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum Agoes Widjanarko, Kamis, (21/10).

Delapan proyek tol tersebut harus mencari mitra baru karena tersandung kondisi keuangan. “Kan pembiayaannya terbagi 30% modal sendiri dan 70% dari bank. Nah, yang modal sendirinya ini mereka masih kurang,” tambah Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Abdul Gani.


Kedelapan investor ini sudah diminta untuk mulai mencari mitra dan akan melaporkan kepada BPJT selambat-lambatnya pertengahan bulan depan.

Sementara itu, untuk dua pemegang konsesi lainnya belum menyelesaikan laporan keuangannya, Paling lambat akhir bulan ini mereka harus sudah menyelesaikan. “Kalau tidak, kami anggap tidak punya good will. Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT)-nya bisa dicabut sehingga pemerintah mengambil alih proyeknya,” katanya.

Evaluasi ke-24 ruas jalan tol ini diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 06/PRT/M/2010. Sedianya, evaluasi ini berjalan selama sembilan bulan sejak Permen diterbitkan Juni silam. Namun, Kementerian Pekerjaan Umum PU mempercepat evaluasi itu menjadi enam bulan. Setelah tahap pertama selesai, dilanjutkan evaluasi tahap kedua yang berlangsung Oktober-Desember dengan fokus pada kelayakan proyek.

Pemerintah menargetkan akhir tahun ini seluruh evaluasi bisa selesai untuk mengetahui mana proyek yang bisa terus jalan mana yang harus dicabut konsesinya. Berikut hasil evaluasi tersebut.

No

Ruas Jalan Tol

Status Evaluasi

1

Cikampek-Palimanan

Lanjut

2

Semarang-Solo

Lanjut

3

Solo-Mantingan-Ngawi

Lanjut

4

Ngawi-Kertosono

Lanjut

5

Kertosono-Mojokerto

Lanjut

6

Surabaya-Mojokerto

Lanjut

7

Cengkareng-Kunciran

Lanjut

8

Kunciran-Serpong

Lanjut

9

Serpong-Cinere

Lanjut

10

Cinere-Cimanggis

Lanjut

11

Cibitung-Cilincing

Lanjut

12

JORR Seksi W2 Utara

Lanjut

13

Bogor Outer Ring Road

Lanjut

14

Gempal-Pasuruan

Lanjut

15

Pejagan-Pemalang

Cari mitra baru

16

Pemalang-Batang

Cari mitra baru

17

Cimanggis-Cibitung

Cari mitra baru

18

Bekasi-Cawang-Kp.Melayu

Cari mitra baru

19

Depok-Antasari

Cari mitra baru

20

Ciawi-Sukabumi

Cari mitra baru

21

Waru-Wonokromo-Tj.Perak

Cari mitra baru

21

Pasuruabn-Probolinggo

Cari mitra baru

22

Batang-Semarang

Lap belum lengkap

23

Gempol-Pandaan

Lap belum lengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Edy Can