14 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan Dekat Jendela, Bikin Tampilan Lebih Menarik



MOMSMONEY.ID - Kusen jendela dapat dijadikan sebagai tempat untuk meletakkan tanaman hias. Ada beberapa tanaman hias yang cocok diletakkan dekat jendela. 

Meletakkan tanaman hias di dekat jendela akan menambah kesan yang menarik. Namun, Anda perlu mengetahui beberapa tanaman hias yang cocok diletakkan dekat jendela. 

Baca Juga: 12 Tanaman Hias Cocok di Udara Kering, Tumbuh Segar dan Tidak Mudah Mati


Mengutip The Spruce, berikut ini tanaman hias yang cocok diletakkan dekat jendela. 

1. Lidah Mertua

Ini adalah tanaman hias klasik dan disukai karena perawatannya yang sangat mudah. Karena dapat mengatasi bintik-bintik gelap, tanaman ular dapat tumbuh dengan baik di ambang jendela yang tidak selalu mendapat banyak sinar matahari. 

2. Lidah Buaya

Tanaman ini tumbuh subur pada wadah di dalamnya. Namun ia menyukai sinar matahari penuh hingga sebagian, jadi Anda bisa dengan mudah merawat tanaman sukulen ini dengan diletakkan di ambang jendela. Pastikan untuk menyiramnya secukupnya. 

3. Hoya 

Biasa disebut tanaman lilin, hoya merupakan tanaman merambat dari Asia. Price mengatakan varietas khusus ini sangat cantik karena pertumbuhannya yang merah padam saat terkena lebih banyak cahaya, menjadikannya pilihan yang bagus untuk ambang jendela. 

Hoya juga umumnya mudah dirawat dan tahan terhadap berbagai macam cahaya.

4. Tanaman Laba-laba

Tanaman laba-laba adalah tanaman abadi di cuaca hangat. Jika ditanam di dalam ruangan, ia akan bertahan dalam kondisi yang kurang ideal, seperti kurangnya sinar matahari. 

Letakkan tanaman ini di jendela yang banyak terkena naungan.

Baca Juga: Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama, Buah Ini Cocok untuk Pangkas Berat Badan

5. Untaian Mutiara

Tanaman ini terlihat bagus jika diletakkan di ambang jendela dan dapat tumbuh dengan baik di tempat yang kering dan hangat.

6. Anggrek Ngengat 

Ada banyak jenis anggrek yang berbeda, tetapi beberapa tanaman anggrek hias lebih menyukai sinar matahari dibandingkan yang lain. Anggrek ngengat menyukai tempat cerah dan senang duduk di jendela yang menghadap ke utara.

7. Begonia Polkadot 

Dengan daun polkadot yang mencolok, tanaman ini tahan terhadap sinar matahari penuh dan sebagian, menjadikannya tanaman ambang jendela yang bagus, apa pun paparan sinar matahari. 

Pastikan untuk menyiram tanaman tropis ini dua kali seminggu untuk ambang jendela yang cenderung mendapat lebih banyak sinar matahari.

8. Peace Lily 

Tanaman tropis berbunga ini mekar dua kali setahun dan menyukai cahaya redup. 

Letakkan tanaman ini di ambang jendela yang menghadap ke timur atau utara untuk pertumbuhan yang baik.

9. Kaktus 

Kaktus bantalan duri berasal dari Meksiko dan menyukai kelembapan rendah. Tanaman ini cocok digunakan sebagai kaktus dalam ruangan di bawah atau di belakang kaca, jadi ambang jendela adalah tempat yang bagus untuk meletakkan tanaman ini. Harapkan untuk melihat mahkota bunga berwarna merah muda di sekitar ujung yang tumbuh.

10. Flamingo Lily 

Tanaman tropis menakjubkan yang berbunga di dalam ruangan, flamingo lily menyukai sinar matahari tidak langsung karena tumbuh secara alami di semak-semak hutan. 

Letakkan di jendela yang tidak banyak terkena sinar matahari agar daunnya tidak terbakar sinar matahari.

Baca Juga: Cocok Buat Sahur, 5 Makanan Ini Punya Kalori Rendah yang Bikin Kenyang Lebih Lama

11. Kaktus Natal 

Titik terang di tengah musim dingin, tanaman ini mekar di sekitar hari libur, sesuai dengan namanya. 

Tanaman ini tumbuh subur di tempat teduh atau di jendela terang dan cukup serbaguna dalam kebutuhan paparan sinar matahari.

12. Philodendron Birkin

Tanaman ini menyukai paparan cahaya utara. Namun tanaman akan tumbuh besar setelah mencapai ukuran penuh, jadi meskipun jendela kecil yang menghadap ke utara dapat digunakan pada tahun-tahun awal, pindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari setelah sudah dewasa.

13. Rosemary

Dengan warna bunga yang bervariasi dari biru hingga putih, rosemary membutuhkan sinar matahari untuk mekar. 

Baca Juga: Ini 5 Tanaman yang Bisa Bikin Rumah Lebih Sejuk saat Cuaca Panas!

Padahal, jika ditanam di dalam ruangan, tanaman ini membutuhkan banyak cahaya terang. Tempatkan di jendela terang yang menghadap ke selatan untuk hasil terbaik. 

14. Giok

Tanaman giok tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh. Tempatkan ini di jendela yang menghadap ke selatan dengan banyak cahaya jika Anda ingin mendorong pertumbuhan ujung merah tanaman yang terkenal di daunnya.

Nah itulah beberapa tanaman hias yang cocok diletakkan dekat jendela. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria