14 Tips Diet Sehat untuk Dapatkan Berat Badan Ideal, yuk Intip di Sini!



MOMSMONEY.ID - Rahasia berat badan ideal, yuk, terapkan tips diet sehat berikut ini!

Memiliki berat badan ideal bukan hanya soal penampilan, tetapi juga kesehatan. Diet sehat yang seimbang adalah kunci untuk mencapai berat badan yang diinginkan sekaligus menjaga tubuh tetap bugar.

Namun, sering kali banyak orang kesulitan menjalani diet yang benar karena kurangnya informasi yang tepat. Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa tips diet sehat yang bisa Anda coba untuk mendapatkan berat badan ideal dengan cara yang aman:


1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat dapat ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 21 Tips agar Cepat Tidur yang Bisa Anda Coba

2. Hindari Gula Tambahan

Gula tambahan, terutama dari minuman manis, adalah salah satu penyebab utama kenaikan berat badan dan masalah kesehatan seperti diabetes. Mengurangi asupan makanan tinggi gula tambahan, seperti soda dan permen, adalah langkah bagus untuk menurunkan berat badan.

3. Konsumsi Lemak Sehat

Meskipun banyak orang menghindari lemak saat diet, lemak sehat seperti yang terdapat dalam minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan justru dapat membantu menurunkan berat badan.

Lemak sehat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi keinginan makan berlebih.

4. Kurangi Gangguan Saat Makan

Makan sambil menonton TV atau menggunakan ponsel dapat membuat Anda makan lebih banyak. Cobalah makan dengan penuh kesadaran dan nikmati setiap gigitan tanpa gangguan. Ini tidak hanya membantu mengontrol asupan kalori, tetapi juga memungkinkan Anda lebih fokus pada makanan.

5. Berjalan Kaki Secara Teratur

Tidak perlu olahraga berat untuk menurunkan berat badan. Berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan kesehatan. Jalan kaki adalah olahraga yang mudah dilakukan kapan saja, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Baca Juga: 13 Tips agar Cepat Hamil yang Layak Dicoba, Pejuang Garis Dua Wajib Tahu!

6. Masak di Rumah

Memasak makanan di rumah memungkinkan Anda untuk mengontrol bahan dan porsi, serta menjamin makanan lebih sehat. Selain itu, memasak di rumah juga bisa menghemat uang dan memberi kesempatan untuk bereksperimen dengan bahan-bahan sehat.

7. Sarapan Tinggi Protein

Sarapan dengan makanan tinggi protein, seperti telur, dapat membantu mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan mengontrol nafsu makan. Cobalah mengganti sereal dengan orak-arik telur dan sayuran untuk sarapan yang lebih mengenyangkan dan bernutrisi.

8. Hindari Minuman Berkalori

Banyak minuman yang terlihat sehat, seperti minuman olahraga atau jus buah, ternyata mengandung banyak kalori dan gula tambahan. Lebih baik minum air putih untuk hidrasi yang tidak mengandung kalori.

9. Tetap Terhidrasi

Minum air putih yang cukup setiap hari membantu menjaga tubuh tetap sehat dan dapat membantu mengontrol berat badan. Minum segelas air sebelum makan juga dapat membantu mengurangi asupan kalori.

10. Makan dengan Penuh Kesadaran

Perhatikan makanan yang Anda makan dan nikmati setiap gigitan. Makan terlalu cepat bisa menyebabkan Anda makan lebih banyak dari yang diperlukan. Makan secara perlahan dan sadar akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh Anda

11. Kurangi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti tepung putih, pasta, dan roti cepat dicerna dan tidak memberikan rasa kenyang yang lama. Gantilah dengan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh, kentang, dan sayuran untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

12. Tambahkan Latihan Angkat Beban

Selain latihan kardio, angkat beban juga sangat penting. Latihan kekuatan dapat membantu meningkatkan massa otot dan membakar lebih banyak kalori bahkan saat tubuh sedang beristirahat

13. Hindari Diet Cepat

Diet cepat mungkin terlihat menarik karena bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Tetapi sering kali sulit untuk dipertahankan dan dapat menyebabkan berat badan kembali naik. Sebaliknya, fokus pada pola makan sehat yang bisa diterapkan dalam jangka panjang.

14. Makan Makanan Utuh

Mengonsumsi makanan utuh tanpa bahan tambahan adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi yang sehat dan alami. Makanan yang tidak melalui banyak proses umumnya lebih kaya nutrisi.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan, Ini lo Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Nah, itulah tips diet sehat yang dapat Anda terapkan untuk capai berat badan ideal. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol di Aceh Senilai Rp 13,5 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas