15 Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Urat, Catat ya



MOMSMONEY.ID - Penting untuk memahami apa saja makanan yang perlu dihindari penderita asam urat lo. Ini karena beberapa makanan bisa memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah, yang bisa menyebabkan serangan nyeri dan peradangan yang parah.

Makanan tinggi purin perlu dihindari penderita asam urat karena dapat menyebabkan kekambuhan. Dikutip dari Healthline, makanan yang kaya purin didefinisikan sebagai makanan yang memiliki lebih dari 200 mg purin per 100 gram.

Selain itu, penting juga untuk menghindari makanan dengan kandungan fruktosa yang tinggi dan makanan dengan purin sedang, yang memiliki kandungan 150-200 mg purin per 100 gram.


Di bawah ini telah MomsMoney rangkumkan beberapa makanan yang perlu dihindari penderita asam urat, bersumber dari Dokter Sehat dan Hello Sehat:

1. Jeroan

Sering terdapat dalam hidangan seperti soto, jeroan seperti hati, usus, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal mengandung purin yang sangat tinggi dan harus dihindari.

Sebagai contoh, hati ayam mengandung sekitar 312,2 mg purin per 100 gram dan hati sapi sekitar 219,8 mg purin.

Baca Juga: Inilah Khasiat Jus Alpukat untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui

2. Daging merah

Kategori daging merah, termasuk daging sapi, kerbau, kambing, domba, dan kuda, serta daging angsa dan bebek, harus dihindari karena tinggi purin.

3. Seafood

Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, tiram, cumi-cumi, ikan teri kering, dan produk kalengan seperti sarden tinggi purin dan tidak disarankan untuk penderita asam urat.

Ikan teri kering memiliki purin sangat tinggi, sebesar 1.108,6 mg per 100 gram, sedangkan ikan sarden segar mengandung 210,4 mg purin.

4. Bayam

Meskipun merupakan sumber zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten, dan flavonoid, bayam harus dihindari oleh penderita asam urat karena mengandung purin yang tinggi, sekitar 57 gram per 100 gram.

5. Kembang kol

Kembang kol yang sering disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai pelengkap, juga tidak dianjurkan bagi penderita asam urat karena mengandung 51 gram purin per 100 gram.

Baca Juga: 9 Makanan Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Sayang untuk Dilewatkan

6. Asparagus

Kaya akan folat dan kalium, asparagus tetap menjadi pantangan karena kandungan purinnya yang mencapai 23 gram per 100 gram.

7. Jamur

Variasi purin dalam jamur berkisar antara 92 hingga 17 gram per 100 gram. Ini menjadikannya sebagai salah satu makanan pemicu asam urat.

8. Kedelai olahan

Produk seperti tahu, tempe, tauco, dan susu kedelai tinggi purin dan harus dibatasi oleh penderita asam urat.

9. Nanas

Meskipun enak, nanas dapat berfermentasi menjadi alkohol di dalam sistem pencernaan. Hal ini dapat meningkatkan risiko asam urat karena alkohol dikenal sebagai pemicu asam urat.

10. Apel

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi apel yang tinggi fruktosa bisa meningkatkan risiko asam urat dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi buah ini.

Baca Juga: Apakah Bisa Penyakit Kolesterol Sembuh Total?

11. Durian

Durian, yang tinggi kolesterol, merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Kolesterol tinggi dari durian bisa menyebabkan komplikasi serius seperti stroke dan penyakit jantung.

12. Nangka

Buah nangka harus dihindari karena kandungan purinnya yang tinggi, yang bisa memicu kambuhnya asam urat dan mempengaruhi fungsi ginjal.

13. Susu tinggi lemak

Produk susu dengan kandungan lemak tinggi seperti susu murni dan es krim umumnya tidak disarankan untuk penderita asam urat karena mengandung purin.

Namun, produk susu rendah lemak seperti keju, yoghurt, dan es krim rendah lemak bisa membantu mengurangi risiko asam urat jika dikonsumsi dengan tepat.

Baca Juga: 10 Makanan Tidak Sehat untuk Tubuh Anda, Batasi atau Hindari Konsumsinya

14. Makanan dan minuman beralkohol

Segala jenis makanan dan minuman yang mengandung alkohol, termasuk tape, bir, dan tuak pahit, harus dihindari karena bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

15. Gula dan fruktosa

Walaupun gula sendiri rendah purin, konsumsi berlebihan dapat memperburuk kondisi asam urat dan menyebabkan penyakit lain seperti diabetes dan obesitas. Hindari juga minuman yang mengandung fruktosa.

Nah, itulah daftar makanan yang perlu dihindari penderita asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas