15 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Bikin Kenyang, Cocok untuk Diet



MOMSMONEY.ID - Untuk mencapai berat badan ideal, diet bisa jadi pilihan. Jika Anda sedang diet untuk menurunkan berat badan, konsumsi makanan rendah kalori yang bikin kenyang dianjurkan. Namun, apa saja pilihannya?

Merangkum dari laman Alodokter dan Klik Dokter, berikut ini adalah beberapa pilihan makanan rendah kalori yang bikin kenyang:

1. Ayam tanpa Kulit


Ayam tanpa kulit adalah alternatif protein rendah lemak yang baik jika Anda bukan penggemar ikan. Pastikan untuk menghilangkan kulit karena bagian itu tinggi kalori.

Baca Juga: Dikenal Lezat, Ini 7 Khasiat Susu Jahe untuk Kesehatan Tubuh Anda

2. Telur

Telur adalah makanan serbaguna yang rendah kalori namun kaya nutrisi, termasuk protein tinggi yang membantu menjaga rasa kenyang. Telur rebus adalah cara sehat untuk menikmati telur tanpa menambahkan kalori ekstra.

3. Tahu

Tahu adalah sumber protein nabati yang rendah kalori. Dalam 100 gram tahu hanya terkandung sekitar 144 kalori. Tahu juga kaya akan mineral dan vitamin, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk vegetarian dan non-vegetarian.

4. Rumput Laut

Rumput laut adalah camilan rendah kalori yang kaya akan nutrisi unik seperti yodium, vitamin B12, dan vitamin D. Rumput laut dapat mendukung berbagai aspek kesehatan, termasuk kesehatan jantung dan pengelolaan berat badan.

Baca Juga: Coba Lakukan yuk, Ini 9 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes

5. Sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan, semuanya bermanfaat untuk kesehatan. Sebagian besar sayuran memiliki kalori yang sangat rendah, namun beberapa jenis memiliki kadar air tinggi yang membuatnya sangat mengenyangkan.

Contohnya termasuk mentimun, selada, lobak, kangkung, bayam, seledri, paprika, dan kembang kol.

6. Buah

Walaupun buah umumnya memiliki kalori yang lebih tinggi dibanding sayuran, mereka masih tergolong makanan rendah kalori. Buah juga kaya akan nutrisi penting yang mendukung kesehatan. Beberapa buah rendah kalori yang bisa Anda nikmati antara lain semangka, stroberi, jeruk bali, kiwi, dan anggur.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menyediakan protein yang tinggi yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sekaligus mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Kacang almond, kenari, mete, dan edamame adalah beberapa contoh kacang-kacangan yang bisa Anda tambahkan dalam diet rendah kalori Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan, Cek di Sini

8. Biji-bijian

Biji-bijian seperti jagung, gandum utuh, dan bulgur adalah sumber makanan rendah kalori yang baik. Mereka juga menyediakan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan, seperti anemia dan diabetes.

9. Ikan

Ikan adalah sumber protein rendah kalori yang sangat baik, dengan tambahan manfaat omega-3 yang mendukung kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Ikan seperti salmon, gindara, tilapia, dan tuna adalah pilihan yang baik untuk diet rendah kalori.

10. Shirataki

Baik nasi maupun mie shirataki adalah pilihan yang sangat rendah kalori. 100 gram nasi shirataki mengandung 70 kalori dan mie shirataki hanya 20 kalori. Shirataki juga rendah karbohidrat dan memiliki indeks glikemik yang rendah, yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Baca Juga: Yuk, Konsumsi Jus untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh Ini, Ada 10 Pilihan

11. Apel

Apel adalah pilihan buah yang rendah kalori dan kaya serat. Sebanyak 100 gram apel hanya mengandung 58 kalori, menjadikannya pilihan yang baik untuk snack diet.

12. Oat

Oat adalah makanan rendah kalori yang tinggi protein dan serat, membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sebanyak 35 gram oat mengandung 140 kalori. Penelitian menunjukkan bahwa oatmeal dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

13. Greek Yogurt

Greek yogurt adalah sumber protein yang rendah kalori, dengan 100 gram yogurt mengandung 52 kalori. Yogurt jenis ini dapat mengurangi rasa lapar dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Tanda Paru-Paru Bermasalah, Salah Satunya Sesak Napas

14. Kentang

Kentang bisa menjadi bagian dari diet Anda jika diolah dengan benar. Kentang rebus 100 gram hanya mengandung 87 kalori. Studi menunjukkan bahwa kentang dapat membantu mengelola berat badan dan mengurangi nafsu makan.

15. Chia Seed

Jika Anda sedang mencari makanan rendah kalori yang juga kaya protein dan serat, biji chia adalah pilihan yang sangat tepat.

Dalam satu sendok makan atau sekitar 15 gram biji chia, terdapat hanya 73 kalori. Biji chia juga kaya akan serat larut yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Menyertakan biji chia dalam diet Anda dapat efektif untuk membantu mengontrol berat badan.

Itulah beberapa makanan rendah kalori yang bikin kenyang. Anda dapat mengonsumsinya untuk membantu diet menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas