150 Lebih Pengungsi Rohingya Tiba di Indonesia, UNHCR Sampaikan Terima Kasih



KONTAN.CO.ID - Lebih dari 150 pengungsi Rohingya berhasil diselamatkan dari lepas pantai Indonesia pada hari Kamis (24/10). Badan Pengungsi PBB, UNHCR, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah setempat.

UNHCR pada hari Jumat (25/10) mengatakan, perahu milik para pengungsi Rohingya membawa 152 orang telah ada di laut sekitar Aceh selama berhari-hari.

Perahu itu berhenti 1,6 km dari garis pantai Kabupaten Aceh Selatan sambil menunggu izin mendarat dari pejabat setempat. Mereka akhirnya diizinkan mendarat pada Kamis sore.


UNHCR melaporkan bahwa banyak dari penumpang adalah perempuan dan anak-anak yang rentan, yang menjadi korban perdagangan manusia.

"UNHCR ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak berwenang dan masyarakat setempat atas semangat kemanusiaan dan upaya penyelamatan nyawa serta izin pendaratan yang diberikan kepada sekitar 152 pengungsi," kata UNHCR dalam laporannya hari Jumat.

Baca Juga: 200 Orang Rohingya Tewas dalam Serangan Drone di Myanmar

Tonton: 4 Negara Asia Tenggara Jadi Negara Mitra BRICS, Indonesia Termasuk

Indonesia Tidak Wajib Menerima Pengungsi Rohingya

Indonesia bukan merupakan negara penanda tangan konvensi pengungsi PBB. Atas dasar itu, pemerintah Indonesia tidak memiliki kewajiban untuk menerima pengungsi asing, termasuk dari Myanmar.

Saat ini masyarakat setempat secara sukarela memberikan bantuan. Pemerintah Indonesia meminta negara-negara tetangga untuk berbagi beban dan menampung warga Rohingya yang tiba di wilayahnya.

Baca Juga: PM Sementara Bangladesh Janji Akan Lindungi Rohingya

Warga Aceh, yang mayoritas Muslim, bersimpati terhadap penderitaan sesama Muslim. Di saat yang sama, banyak juga yang merasa terganggu karena warga Rohingya mengonsumsi sumber daya yang langka dan kadang-kadang terlibat konflik dengan penduduk setempat.

Pada bulan Desember 2023, ratusan mahasiswa memaksa relokasi lebih dari 100 pengungsi Rohingya dengan menyerbu balai komunitas di Aceh tempat mereka berlindung dan merusak barang-barang mereka.

Kedatangan pengungsi Rohingya di Indonesia cenderung mengikuti pola siklus alam. Arus kedatangannya melambat selama bulan-bulan badai dan meningkat kembali ketika kondisi laut tenang seperti yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir.

Selanjutnya: 25 Kartu Ucapan Sumpah Pemuda 2024 Terbaru untuk Menambah Semangat Pemuda

Menarik Dibaca: 25 Kartu Ucapan Sumpah Pemuda 2024 Terbaru untuk Menambah Semangat Pemuda