20 Kepala Negara Sahabat Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan kesiapan rangkaian pelantikan serta pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Persiapan rangkaian kegiatan dimulai dari ketibaan para tamu negara di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Tercatat, akan ada 20 kepala negara sahabat akan menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran.

"Berikutnya adalah jumlah Kepala Negara 20 plus 1 dan jumlah perwakilan utusan khusus Kepala Negara sejumlah 13," ucap Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10).


Pada saat ketibaan di Bandara, Heru menjelaskan bahwa akan ada prosesi penerimaan kepala negara atau setingkat kepala negara seperti pasukan jajaran kehormatan dan korps musik (Korsik). 

Baca Juga: Pengalihan Lalu Lintas, Kereta Api, dan KRL Saat Pelantikan Prabowo-Gibran

Selain itu, pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah (Pemda) DKI Jakarta telah menyiapkan video kedatangan yang ditayangkan di sejumlah titik videotron di Jakarta. 

“Pada saat kedatangan, kami meminta kepada Pemda DKI bisa ditayangkan di seluruh LED videotron di Jakarta mulai tanggal 19 (Oktober) rangkaian dari Halim maupun rangkaian dari Soetta. Ini sudah kami persiapkan dan mulai hari Senin kemarin kami sudah gladikan,” tambahnya. 

Sementara itu, guna memeriahkan rangkaian pelantikan pada 20 Oktober 2024, Heru menuturkan bahwa Pemda DKI Jakarta akan menyiapkan panggung hiburan bagi rakyat di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin. 

Rencananya panggung hiburan tersebut akan dimulai pukul 11.00 WIB hingga ketibaan Presiden terpilih di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. 

“Kami persilakan kepada masyarakat di panggung-panggung tersebut ada hiburan sudah disiapkan dan juga ada doorprize. Masyarakat bisa menyaksikan dan diharapkan bisa berpartisipasi,” terangnya.

Rangkaian kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan ditutup dengan jamuan santap malam kenegaraan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Menurut Heru, sejumlah tamu negara baik pimpinan maupun utusan khusus akan hadir dalam acara tersebut. 

“Malam harinya tentunya sebagian tamu negara akan dijamu oleh Bapak Presiden terpilih Bapak Prabowo di Istana,” kata Heru.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Harga Pangan Nasional Masih Cenderung Stabil

Selanjutnya: Jokowi Bentuk Korps Pemberantasan Korupsi, MAKI: KPK Harus Diperkuat Juga

Menarik Dibaca: Promo Hypermart Beli Banyak Lebih Hemat 18-24 Oktober 2024, Rinso Beli 2 Diskon 50%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati