2011, pendapatan iklan Twitter Inc bisa mencapai US$ 150 juta



SAN FRANSISCO. Internet eMarketer Inc memperkirakan pendapatan iklan Twitter Inc tahun ini mencapai US$ 150 juta. Penyebabnya, banyak perusahaan yang menggunakan jaringan Twitter sebagai akses pemasaran.

"Sedangkan pada 2012 pendapatan iklan bisa mencapai US$ 250 juta," ujar Debra Aho Williamson, seorang analis di eMarketer. Saat ini, Twitter yang berbasis di San Francisco telah menarik banyak pemasang iklan di antaranya, Nissan Motor Co, Hewlett-Packard Co dan Starbucks Corp.

Twitter, yang memiliki lebih dari 175 juta pengguna terdaftar secara global, bersaing menjaring dollar bersama penyedia jaringan raksasa lainnya seperti Google Inc dan Facebook Inc.


eMarketer mencatat, per Desember 2010 hanya 8% surfer web di Amerika yang menggunakan Twitter. "Yang ditunggu adalah, apakah Twitter mampu tak mengecewakan pemasang iklan? Twitter harus bekerja keras tahun ini," jelas Williamson.

Twitter didirikan pada 2006. Akhir bulan lalu, valuasi Twitter diperkirakan mencapai US$ 3,7 miliar setelah menerima putaran dana sebesar US$ 200 juta. Dana diberikan oleh perusahaan modal yaitu Ventura Kleiner Perkins Caufield & Byers.

Editor: