3 Cara Membatalkan Pesanan Shopee bagi Pembeli



KONTAN.CO.ID - Jakarta.Cara membatalkan pesanan Shopee bagi pembeli. Pengguna bisa mendapatkan banyak fasilitas dan fitur canggih di aplikasi Shopee.

Shopee menjadi salah satu marketplace terbesar yang punya banyak pembeli dan penjual aktif.

Sekarang setiap pengguna aplikasi Shopee bisa dengan mudah mencari dan memesan barang/jasa tertentu sesuai kebutuhan.

Berbagai metode pembayaran hingga promo menarik menjadi salah satu daya tarik untuk bertransaksi di Shopee.

Baca Juga: Cek 3 Cara Bayar Shopee di Indomaret untuk Checkout hingga Tagihan

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan setiap pengguna bisa mengalami kesalahan bertransaksi di Shopee.

Salah satu contoh, pengguna bisa salah membeli barang yang sudah masuk ke pesanan penjual Shopee.

Setiap proses barang atau pesanan Shopee memiliki jangka waktu mulai dari pengemasan hingga pengiriman barang.

Jangan khawatir, pengguna bisa dengan mudah ikuti cara membatalkan pesanan Shopee sesuai dengan situasi penjual.

Baca Juga: Cara Menggunakan Shopee PayLater sebagai Metode Pembayaran di Shopee

Berikut adalah beberapa cara membatalkan pesanan Shopee bagi pembeli dengan syarat tertentu.

Cara membatalkan pesanan Shopee

1. Cara membatalkan pesanan Shopee secara instan

Pertama, ada langkah mudah dari cara membatalkan pesanan saat barang belum diproses sama sekali oleh penjual.

Cara membatalkan pesanan Shopee secara instan dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.

Pembeli dapat mengikuti cara membatalkan pesanan Shopee dan tidak perlu menunggu respons penjual.

Tentu, pengguna juga bisa membuka percakapan untuk membatalkan dan memahami alasan pembatalan.

Baca Juga: 2 Cara Isi Saldo ShopeePay lewat Indomaret hingga Alfamart

2. Cara membatalkan pesanan Shopee secara non-instan

Kemudian, salah satu cara membatalkan pesanan Shopee adalah dengan respon dari penjual atau seller. Setiap penjual juga berhak menolak untuk pembatalan jika barang sudah dikirim.

Cara kedua dari membatalkan pesanan Shopee bisa dilakukan saat barang sudah dikemas oleh penjual.

Pastikan buka percakapan dengan penjual agar memahami keluhan atau alasan membatalkan pesanan.

Pembeli bisa melakukan cara membatalkan pesanan Shopee di atas dan harus menunggu respons penjual.

Sistem akan memberikan jangka waktu 1x24 jam untuk penjual merespons, apabila tidak pembatalan akan otomatis berhasil.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Top Up ShopeePay lewat BCA ATM, m-banking, dan KlikBCA

3. Cara membatalkan pesanan Shopee secara otomatis

Terakhir, ada cara membatalkan pesanan Shopee yang juga dilakukan oleh sistem.

Kondisi ini terjadi apabila pengguna tidak mendapatkan kabar atau penjual tidak mengirimkan pesanan hingga masa pengemasan habis.

Cara membatalkan pesanan Shopee secara otomatis ini juga berlaku jika penjual tidak membuka aplikasi Shopee.

Hal ini dapat dilihat dari waktu terakhir penjual aktif atau membuka aplikasi Shopee melalui profil atau chat.

Secara sederhana membatalkan pesanan Shopee ada di menu Pesanan Saya.

Pengguna bisa ikuti petunjuk sesuai dengan proses pesanan Shopee oleh penjual. Dari beberapa cara membatalkan pesanan Shopee dengan mudah bagi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News