KONTAN.CO.ID - Cara membuka blokir ATM Bank via Aplikasi hingga Call center. Nasabah bisa saja menemui masalah saat bertransaksi di mesin ATM. Blokir kartu ATM Bank apapun bisa dilakukan oleh pihak perusahaan maupun nasabah itu sendiri. Membuka blokir pada ATM adalah proses mengubah pengaturan atau menghapus pemblokiran yang diterapkan pada mesin ATM sehingga dapat digunakan kembali oleh nasabah.
Blokir pada ATM dapat diterapkan karena beberapa alasan seperti kesalahan transaksi, kesalahan penginputan PIN, atau kerugian finansial yang diduga disebabkan oleh penggunaan kartu yang tidak sah. Baca Juga: 3 Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak bagi Nasabah Kartu ATM bisa terblokir apabila terjadi kesalahan memasukkan PIN lebih dari 3 kali. Selain itu masalah blokir ATM bisa terjadi saat terjadi transaksi mencurigakan. Apabila blokir ATM dilakukan oleh nasabah, hal ini bisa dilakukan saat kartu debit mengalami kerusakan atau hilang. Nah, nasabah juga bisa membuka blokir ATM untuk menggunakannya kembali seperti biasa. Baca Juga: Cara Bayar Pajak Motor Online via BCA, Mandiri, hingga Aplikasi Signal Kini beberapa layanan perbankan untuk buka blokir ATM bisa dilakukan lewat berbagai metode. Di Era Digital, nasabah juga bisa memungkinkan untuk membuka blokir ATM hanya lewat layanan bank di HP. Nasabah bisa ikuti langkah mudah berikut sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. Simak cara membuka blokir ATM di setiap bank yang bisa dilakukan oleh nasabah.
Cara membuka blokir ATM
1. Membuka blokir ATM lewat layanan Call Center
Pertama saat mengetahui status kartu berubah, ada cara membuka blokir ATM lewat Call Center. Pilihan ini paling mudah dilakukan bank penerbit kartu ATM memasang nomor layanan Call Center pada mesin ATM. Pada mesin ATM, nasabah bisa langsung menelepon Call Center yang tertera. Saat menggunakan cara membuka blokir ATM lewat Call Center, nasabah akan diminta verifikasi identitas dan tempat kartu ATM hilang. Apabila blokir berhasil, cara membuka blokir ATM untuk mendapatkan kartu baru langsung menuju ke cabang terdekat. Berikut beberapa layanan call center di Indonesia:- Bank Central Asia (BCA): 1500888.
- Bank Mandiri: 14000.
- BNI: 1500046.
- BRI: 14017.
- Bank Tabungan Negara (BTN): 1500286.
- Bank CIMB Niaga: 14041.
- Panin Bank: 1500-678 atau 60678.
- Permata Bank: 1500-111.