3 Cara mengembalikan penciuman yang hilang akibat Covid-19 menurut dokter Santi



KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penanganan pandemi Covid-19 menunjukkan perbaikan. Jumlah zona merah corona semakin berkurang pada pekan keempat Agustus 2021. Namun, masih banyak penderita Covid-19 yang kehilangan kemampuan indra penciuman atau mengalami anosmia. Berikut cara mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat virus corona penyebab Covid-19. 

Satgas Covid-19 mencatat hingga 22 Agustus 2021 terdapat 53 daerah berstatus zona merah corona di Indonesia. Jumlah itu turun dibandingkan pekan sebelumnya, per 15 Agustus 2021 terdapat 131 daerah zona merah corona di Indonesia. Namun, pandemi Covid-19 belum berakhir. Masih banyak masyarakat yang terinfeksi Covid-19 dan kehilangan kemampuan indra penciuman akibat virus corona.

Dalam program KamuSehat di Radio Sonora FM, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menyatakan setidaknya ada 3 cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan kemampuan indra penciuman akibat Covid-19 maupun virus lain.

  • Konsumsi suplemen omega 3
Cara pertama mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain adalah dengan suplemen omega 3. “Konsumsi suplemen berupa omega 3,” ungkap dr. Santi.

Beberapa peneliatian dan artikel menyebutkan bahwa asam lemak dalam omega 3 yang ditemukan di dalam minyak ikan bisa melindungi sel saraf dan kerusakan lebih lanjut. Bahkan kandungan tersebut bisa membantu meregenerasi pertumbuhan saraf untuk membantu memulihkan anosmia.

Baca juga: Epidemiolog harap vaksin booster diprioritaskan bagi lansia

  • Semprot hidung
Cara kedua mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain adalah semprot hidung. “Bisa juga menggunakan obat semprot hidung steroid yang tentunya harus dikonsultasikan dulu dengan dokter,” sambungnya.

Obat yang satu ini adalah salah satu obat semprot hidung yang bisa digunakan sebagai pengobatan pertama untuk melawan alergi atau virus.

Penggunaannya ditujukan untuk mengurangi peradangan pada saluran hidung, dan dianggap bisa mengurangi anosmia, namun perlu adanya petunjuk dan konsultasi dengan dokter sebelum penggunaannya.

  • Latihan olfaktori
Cara ketiga mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain adalah latihan olfaktori. “Bisa membantu dengan terapi berupa latihan penciuman, latihan olfaktori,” tegas dr. Santi.

Caranya adalah dengan menyediakan 3 benda dengan bau yang menyengat, kemudian masing-masing bau dihirup selama 20 detik secara bergantian.

Lakukan latihan untuk mengembalikan indra penciuman ini dua kali sehari. Cara mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang ini disebut sebagai smell training atau olfactory training yang bisa mempercepat penyembuhan anosmia.

Itulah tiga cara mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain. Semoga cepat sembuh dari Covid-19. (Prameswari Sasmita)

Artikel ini telah tayang di Sonora.id berjudul "3 Cara ala Dokter untuk Pulihkan Anosmia karena Infeksi Virus"

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Macam-macam vaksin Covid-19 yang dapat izin BPOM & efek samping

Cara pertama mengembalikan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat Covid-19 atau virus lain adalah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto