3 Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel yang Hangus secara Online



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati tanpa perlu mengunjungi GraPARI dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu. Informasi berikut menjelaskan bagaimana menangani kartu Telkomsel yang telah melewati masa tenggang atau dianggap hangus.

Telkomsel dikenal sebagai salah satu penyedia layanan seluler terbesar di Indonesia dengan jangkauan sinyal yang luas, membuatnya diminati banyak pengguna.

Namun, kartu Telkomsel bisa dinonaktifkan jika pengguna tidak melakukan pengisian ulang pulsa dalam waktu yang lama, yang menyebabkan kartu melewati masa tenggangnya.


Masa tenggang ini merupakan waktu tambahan yang diberikan setelah kartu tidak aktif, yang memungkinkan pelanggan untuk mengaktifkan kembali layanan mereka sebelum kartu benar-benar dinonaktifkan.

Baca Juga: Inilah Cara Cek Kuota Tri Terbaru dengan Aplikasi hingga Kode UMB

Aktivasi Ulang Telkomsel

Jika masa tenggang berakhir tanpa tindakan, kartu akan dinonaktifkan secara permanen. Untuk menghindari hal ini, pelanggan disarankan untuk rutin mengisi ulang pulsa atau membeli paket data agar kartu tetap aktif.

Apabila Anda tidak akan menggunakan kartu Telkomsel untuk sementara waktu, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan Telkomsel untuk meminta penonaktifan sementara.

Jika kartu Telkomsel Anda sudah mati, Anda bisa mengikuti sejumlah cara untuk mengaktifkannya kembali tanpa harus pergi ke GraPARI, seperti melakukan aktivasi ulang melalui layanan online atau aplikasi Telkomsel.

Saat sulit ke kantor GraPARI, simak beberapa cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus berikut.

Baca Juga: 3 Cara Mengisi Voucher Telkomsel Elektronik dan Fisik ke Nomor HP

1. Reaktivasi kartu Telkomsel lewat Call Center

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati tanpa ke GraPARI bisa dilakukan dengan menggunakan telepon lain. Untuk menghubungi call center, pengguna wajib memiliki pulsa sebesar Rp 300.

Pengguna bisa menghubungi call center Telkomsel pada nomor 0807 1811 811. Selain itu ada pilihan lain dalam cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati lewat 188.

Siapkan nomor Telkomsel beserta NIK KTP apabila ditanyakan untuk verifikasi identitas.

2. Reaktivasi kartu Telkomsel lewat kode UMB

Berikut cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati tanpa ke GraPARI via *888*89# saja. Pastikan sudah menyiapkan KTP dan KK yang sebelumnya didaftarkan pada nomor.

  • Buka menu telepon.
  • Masukkan angka *888*89# via kartu Telkomsel yang hangus.
  • Klik ikon Telepon.
  • Pilih angka 1 untuk Reaktivasi kartu.
  • Pilih angka 1 untuk Setuju.
  • Masukkan nomor KTP dan Kartu Keluarga.
  • Tunggu notifikasi SMS pemberitahuan nomor bisa diaktifkan kembali atau tidak.

3. Reaktivasi kartu Telkomsel lewat Migrasi Kartu

Tahapan lain adalah dengan mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus via migrasi memiliki waktu maksimal 15 hari.

Periode ini berlaku selama masa tenggang sudah berakhir. Nah, apabila sudah lebih dari waktu tersebut kartu Telkomsel yang sudah mati tidak bisa diaktifkan.

Sehingga, kartu Telkomsel yang sudah hangus akan didaur ulang sebagai nomor baru. Tentunya, apabila solusi di atas tidak berhasil, pelanggan perlu migrasi kartu baru dengan datang ke kantor GraPARI

Dari beberapa solusi awal melalui cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus atau sudah mati bisa diterapkan dengan mudah.

Selanjutnya: Deretan Ucapan Hari Guru Sedunia 2024 yang Menyentuh dan Inspiratif

Menarik Dibaca: Ini 2 Cara Tepat Mencuci Baju Renang supaya Tidak Melar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News