3 politisi Demokrat diperiksa KPK terkait Sutan



JAKARTA. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga orang politisi Partai Demokrat terkait kasus dugaan korupsi pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2013.

Ketiganya yang juga merupakan anggota Komisi VII periode 2009-2014 tersebut, akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sutan Bhatoegana. "Ketiganya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SB (Sutan Bhatoegana)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Rabu (19/11).

Ketiganya yakni Efi Susilowati, I Wayan Gunastra, dan Tri Yulianto. Tri Yulianto sebenarnya telah dijadwalkan untuk diperiksa dalam kasus ini pada Senin (17/11). Namun ia tak hadir tanpa keterangan.


Dalam kasus ini, Sutan diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahub 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana. Sutan diduga menerima gratifikasi dalam kasus tersebut dan terancam hukuman 20 tahun penjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa