4 Cara Ampuh Ini Bisa Bantu Cegah Munculnya Stretch Mark, Tertarik Coba?



MOMSMONEY.ID - Mulai perhatikan, yuk, ini dia cara ampuh yang bisa dicoba untuk mencegah munculnya stretch mark di area tubuh.

Stretch mark adalah salah satu permasalahan kecantikan yang kerap dialami para wanita, terutama ibu-ibu yang baru saja melahirkan.

Namun, stretch mark merupakan hal normal dan tidak berbahaya. Hal ini bisa saja terjadi pada wanita ataupun pria dalam usia berapa pun.

Nah, untuk mencegah munculnya stretch mark di tubuh, coba lakukan beberapa hal ini.

Baca Juga: Apa Itu Skin Cycling? Simak Penjelasan dan Cara Melakukannya Berikut

Jauhi penggunaan steroid

Penggunaan steroid dapat membuat kondisi kesehatan kulit menjadi lemah dan memicu timbulnya stretch mark, terutama di kalangan atlet.

Steroid dalam bentuk pil atau pun krim yang mengandung steroid sebaiknya dijauhi agar risiko munculnya stretch mark karena rusaknya kolagen di kulit dapat terhindari.

Mengontrol berat badan

Laman Health Line menyarankan untuk selalu mengontrol berat badan secara rutin agar berat badan yang stabil dan sehat dapat terus terjaga.

Stretch mark sendiri bisa terjadi karena kulit yang tertarik akibat adanya kenaikan berat badan yang cepat. Penurunan berat badan yang ekstrem juga bisa menyebabkan munculnya stretch mark.

Maka dari itu lakukan kontrol berat badan agar terhindar dari kenaikan dan penurunan berat badan ekstrem penyebab stretch mark.

Baca Juga: Brazilian vs Bikini Wax, Apa sih Bedanya? Cari Tahu di Sini, ya

Hidrasi kulit

Jangan melupakan peran air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam. Kulit yang lembap dan ternutrisi akan lebih jauh terkena risiko stretch mark dibanding dengan kulit yang kering.

Selain menghidrasi kesehatan kulit dari dalam, jangan lupa juga untuk menghindrasi kelembapan kulit dari luar dengan menggunakan moisturizer. Moisturizer juga memiliki manfaat dan kandungan nutrisi baik yang membantu meningkatkan dan menjaga kelembapan kulit agar terhindar dari stretch mark.

Konsumsi vitamin D

Vitamin adalah hal penting yang dapat mengurangi risiko terjadinya stretch mark pada kulit. Vitamin D dapat diperoleh dari kegiatan berjemur maupun mengkonsumsi vitaminnya secara langsung.

Laman Medical News Today menyarankan agar mengonsumsi vitamin D dalam bentuk vitamin atau makanan yang mengandung vitamin D. Karena terlalu sering terekspos sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Itulah tadi cara dan tips ampuh yang bisa digunakan untuk mencegah munculnya stretch mark pada area tubuh. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia