4 Efek Negatif Minum Sambil Berdiri Bagi Kesehatan, Tidak Baik untuk Ginjal!



MOMSMONEY.ID - Ada setidaknya 4 efek negatif minum sambil berdiri bagi kesehatan. Cari tahu selengkapnya di sini.

Selain mengikuti takaran yang direkomendasikan, kita juga dianjurkan untuk minum air sembari duduk alih-alih berdiri.

Menurut seorang dokter umum bernama Dr. Vipul Rustgi di Apollo Spectra Hospitals India, minum air sambil berdiri tidak disarankan karena dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.


Saat berdiri, tubuh dan jaringan berada dalam keadaan tegang. Ini akan menyebabkan air mengalir dengan cepat ke tubuh dan mengganggu keseimbangan cairan yang ada.

Selengkapnya, berikut 4 efek negatif minum sambil berdiri bagi kesehatan sebagaimana dilansir dari HealthShots.

Baca Juga: Inilah 3 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Agar Manfaatnya Maksimal, Sudah Tahu?

1. Mengganggu pencernaan

Efek negatif minum sambil berdiri yang pertama yaitu menyebabkan gangguan pencernaan.

Minum sambil berdiri dapat merusak sistem pencernaan. Ketika Anda minum sambil berdiri, air akan mengalir dengan kekuatan serta kecepatan tinggi melalui saluran makanan dan langsung jatuh ke perut bagian bawah.

Akibatnya, saraf akan menjadi tegang dan mengganggu keseimbangan cairan sekaligus menyebabkan peningkatan racun dan gangguan pencernaan.

2. Memicu artritis

Efek negatif minum sambil berdiri yang kedua yaitu memicu artritis. Saraf dalam keadaan tegang saat Anda minum dengan cepat sambil berdiri.

Adapun hal tersebut bisa mengganggu keseimbangan cairan dan menyebabkan peningkatan racun serta gangguan pencernaan dalam tubuh.

Bahkan, minum sambil berdiri juga dapat menumpuk cairan di persendian dan memicu artritis atau radang sendi.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Sedang Marah, Jangan Salah Langkah!

3. Berisiko bagi paru-paru

Efek negatif minum sambil berdiri yang ketiga yaitu berisiko bagi paru-paru.

Ketika Anda minum sambil berdiri, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan mencapai hati dan saluran pencernaan.

Di sisi lain, air akan mengalir melalui sistem dengan sangat cepat dan itu bisa membahayakan fungsi paru-paru serta jantung karena tingkat oksigen yang terganggu.

4. Menimbulkan masalah ginjal

Efek negatif minum sambil berdiri yang keempat yaitu menimbulkan masalah ginjal. Pada dasarnya, ginjal mampu menyaring lebih baik saat kita minum dalam posisi duduk.

Sebaliknya, minum sambil berdiri akan membuat cairan cenderung mengalir ke perut bagian bawah dengan tekanan tinggi tanpa adanya penyaringan.

Pada akhirnya, hal tersebut dapat menyebabkan kotoran dalam air mengendap di kandung kemih dan merusak fungsi ginjal. Bahkan, bisa juga menyebabkan gangguan saluran kemih.

Itulah 4 efek negatif minum sambil berdiri bagi kesehatan. Alih-alih minum sambil berdiri, alangkah baiknya Anda minum sembari duduk dengan posisi punggung tetap tegak.

Dengan cara ini, nutrisi akan mencapai otak dan meningkatkan aktivitas otak. Pencernaan pun akan membaik dan perut Anda akan terhindar dari kembung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma