4 Jet Tempur F-22 Angkatan Udara AS Sambangi Indonesia, Ada Apa?



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Empat jet tempur F-22 generasi kelima dari Skuadron Tempur Ekspedisi ke-27 Pangkalan Gabungan Langley-Eustis, Virginia, Amerika Serikat atau AS mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, Indonesia pada Selasa (6/8).

Kedutaan Besar AS untuk Indonesia dalam keterangan tertulis, Selasa (6/8), menyebutkan, ini menandai pertama kalinya jet tempur F-22 generasi kelima AS ini mendarat di Indonesia. 

Kunjungan Angkatan Udara AS, yang telah direncanakan sebelumnya dengan koordinasi Pemerintah Indonesia, memungkinkan pilot dan tim pemeliharaan pesawat untuk meningkatkan pengetahuan akan operasi wilayah udara Indonesia. 


"Dan menguji kemampuan pengisian bahan bakar cepat," sebut Kedutaan Besar AS untuk Indonesia.

Baca Juga: AS Cegat Pesawat Pengebom Rusia dan China di Lepas Pantai Alaska, NATO Cemas

Satu pesawat C-130 dari Garda Nasional Udara Amerika Serikat juga mendarat di Bali satu hari sebelumnya untuk mempersiapkan operasi pengisian bahan bakar cepat atawa rapid "hot pit" refueling untuk jet tempur F-22.

Pada November 2023, Menteri Pertahanan AS Austin dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menandatangani Perjanjian Kerjasama Pertahanan yang bersejarah. 

Dan, membahas cara-cara untuk memperluas kesempatan pelatihan, meningkatkan pertukaran pendidikan, serta meningkatkan kesadaran domain maritim. 

Angkatan Udara AS melakukan pelatihan dan kegiatan secara rutin dengan Indonesia untuk lebih mengembangkan kemampuan operasional dan memastikan kawasan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan