4 Kesalahan Skincare yang Bisa Bikin Pori-Pori Membesar, Yuk Hindari!



MOMSMONEY.ID - Pori-pori sebagaimana dikutip dari Olay adalah lubang pembukaan menuju folikel rambut yang di dalamnya terdapat kelenjar yang memproduksi minyak.

Pada dasarnya, keberadaan pori-pori sangat bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembab. Namun, saat wajah dipenuhi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan kotoran, itu dapat membuat pori-pori tersumbat dan membuatnya tampak lebih besar. Alhasil, pori-pori yang membesar akan membuat wajah jauh dari kata mulus dan kurang oke saat dipoles makeup.

Berbicara tentang pori-pori besar, ternyata permasalahan ini dapat muncul akibat tata cara merawat wajah yang tidak tepat atau berlebihan lho Moms. Melansir TheHealthSite.com, inilah 4 kesalahan skincare yang bisa bikin pori-pori membesar dan patut untuk dihindari.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Tetap Mesra Bersama Pasangan Setelah Melahirkan

1. Sering menggunakan blotting paper

Kulit akan cenderung berminyak dan berkeringat terutama ketika cuaca panas. Untuk membantu menyerap minyak dan keringat yang membanjiri kulit secara instan, blotting paper bisa menjadi solusinya.

Namun, terlalu sering menggunakan blotting paper juga bukanlah ide yang bagus. Pasalnya, kebiasaan memakai blotting paper justru akan memaksa kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Akibatnya, produksi minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori sekaligus membuatnya menjadi lebih besar.

2. Mencuci muka secara berlebihan

Idealnya, mencuci muka perlu dilakukan secara rutin setidaknya 2 kali sehari. Sebaliknya, mencuci muka lebih dari 2 kali sehari bisa menghilangkan minyak alami kulit yang dibutuhkan untuk menjaga wajah tetap lembab dan terhidrasi.

Lama-kelamaan, pori-pori akan membesar dan menghasilkan minyak lebih banyak guna menyeimbangkan kekeringan pada kulit.

3. Mengekstraksi komedo dan jerawat secara paksa

Saat kulit Anda berjerawat atau dipenuhi komedo hitam maupun putih, mungkin Anda tergoda untuk memencetnya. Namun, selalu ingat bahwa memencet jerawat atau komedo yang belum siap untuk diekstraksi terlebih tanpa peralatan yang higienis berisiko menyebabkan infeksi.

Selain meninggalkan bekas luka, kebiasaan buruk ini juga bisa membuat pori-pori membesar akibat iritasi yang menyebar.

4. Terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi memang diperlukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Tak sekadar itu, eksfoliasi juga bisa membantu menyegarkan kulit sekaligus membuat pori-pori menjadi tampak lebih kecil.

Kendati penting, selalu ingat untuk melakukannya sebanyak 1-2 kali saja per minggu. Jika dilakukan terlalu sering, eksfoliasi hanya akan menyapu lapisan minyak alami kulit yang bisa membuat kulit kekeringan sekaligus membuka pori-pori menjadi lebih lebar. Pada akhirnya, kondisi kulit dan pori-pori yang demikian akan menyerap debu lingkungan dengan lebih mudah serta membuat pori-pori semakin membesar.

Itulah 4 kesalahan skincare yang bisa membuat pori-pori membesar. Selain menghindari keempat kesalahan di atas, Anda juga tidak boleh melewatkan penggunaan moisturizer sesaat setelah mencuci muka ya. Ini dilakukan untuk mencegah kulit memproduksi lebih banyak minyak yang bisa menyumbat pori-pori dan menjadikannya lebih lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma