4 Manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam sebatang seledri, hanya terdapat 10 kalori. Hal itu menunjukkan bahwa daun seledri cocok sebagai makanan diet. Tak hanya itu, manfaat daun seledri juga bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh yang lain, lo.

Banyak Mengandung Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel dan pembuluh darah dari serangan radikal bebas. Kebutuhan itu bisa dipenuhi oleh daun seledri karena bahan alami ini mengandung 12 jenis antioksidan.

Tak hanya itu, daun seledri juga mengandung vitamin C, falvonoid, beta karoten, dan phytonutrient. Fungsi phytonutrient adalah untuk meredakan peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ-organ dalam tubuh.

Mengurangi Peradangan

Seperti yang telah dikatakan, daun seledri bisa meredakan peradangan. Mengutip dari Healthline (healthline.com), daun seledri mengandung 25 jenis antiinflamasi yang bisa meredakan banyak peradangan dalam tubuh manusia.

Baca Juga: Infused water seledri efektif menurunkan tekanan darah tinggi, begini cara membuatnya

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun seledri lainnya yang bisa Anda dapat adalah sistem pencernaan meningkat. Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan, senyawa bernama apiuman memiliki banyak fungsi terkait sistem pencernaan.

Apiuman bermanfaat untuk mengobati sakit perut dan mengatur sekresi pada hewan percobaan yang diuji. Tak hanya itu, daun seledri juga mengandung banyak serat dan air sebanyak 95%. Kandungan itu mampu membuat buang air besar Anda menjadi lebih lancar.

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral

Healthline mengatakan bahwa daun seledri mengandung banyak vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, dan asam folat. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung sedikit sodium dan indeks glikemik. Artinya, gula darah Anda bisa lebih stabil.

Baca Juga: Seledri, obat herbal yang ampuh meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

Cara Memilih Daun Seledri

Banyaknya manfaat daun seledri yang bisa Anda dapat akan lebih maksimal jika Anda mengonsumsinya dalam keadaan segar. Jika Anda ingin membeli seledri yang masih segar, usahakan batangnya masih tegak dan tidak layu.

Hindari daun seledri yang berwarna kuning dan memiliki bercak. Agar nutrisinya tetap terjaga, potong daun seledri sebelum memasak. Memotong seledri lalu menyimpannya akan membuat nutrisi daun seledri hilang. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi daun seledri dalam lima hingga tujuh hari.

Selanjutnya: Minum air rebusan akar seledri efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News