4 Manfaat Memakai Sport Bra untuk Kesehatan Payudara, Cegah Payudara Kendur!



MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 manfaat memakai sport bra untuk kesehatan payudara!

Sport bra dianggap ideal untuk sesi olahraga dan latihan yang menguras keringat. Pasalnya, sport bra cenderung lebih kuat, nyaman, mampu menopang payudara dengan baik, serta bisa menyerap kelembaban. Sehingga, cocok untuk aktivitas fisik apapun dibandingkan bra biasa.

Kendati dirancang untuk olahraga, faktanya manfaat sport bra tidak sebatas itu. Sport bra menyimpan banyak manfaat yang baik untuk payudara sekali pun Anda sedang tidak berolahraga.


Selengkapnya, berikut 4 manfaat memakai sport bra untuk kesehatan payudara sebagaimana dilansir dari Clovia.

Baca Juga: 9 Dampak Berbahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan, Cari Tahu di Sini!

1. Menjaga bentuk payudara

Manfaat memakai sport bra untuk kesehatan payudara yang pertama yaitu menjaga bentuk payudara.

Payudara memiliki ligamen otot yang dapat meregang dan kehilangan bentuk. Saat ligamen pada payudara robek, itu dapat menyebabkan perubahan bentuk atau payudara kendur pada wanita yang lebih muda.

Guna mencegah perubahan bentuk atau payudara kendur di usia yang terlalu dini, sangat disarankan untuk mengenakan sport bra. Bra ini dirancang untuk memberikan dukungan dan stabilitas serta membantu menjaga bentuk payudara saat Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

2. Mengurangi nyeri payudara

Manfaat memakai sport bra untuk kesehatan payudara yang kedua yaitu mengurangi nyeri payudara.

Gerakan yang intens selama aktivitas fisik apapun dapat menyebabkan pergerakan pada ligamen otot di payudara. Sering kali, hal ini bisa menyebabkan kondisi nyeri dan sakit pada payudara.

Tidak seperti bra tradisional yang sukar memberikan kekokohan dan dukungan yang cukup, sport bra mampu menjaga payudara tetap pada tempatnya sekaligus membatasi gerakan pada ligamen otot payudara. Alhasil, nyeri payudara pun berkurang signifikan.

Baca Juga: Yuk Baca 4 Buku Parenting Ini Agar Tak Salah Didik Anak, Ya

3. Menjaga sirkulasi darah dan menyerap keringat

Manfaat memakai sport bra untuk kesehatan payudara yang ketiga yaitu menjaga sirkulasi darah dan menyerap keringat.

Berbagai jenis sistem pendukung seperti kait dan karet elastis pada bra tradisional sering kali mengganggu sirkulasi darah yang sehat. Inilah salah satu alasan mengapa banyak dokter dan ahli merekomendasikan penggunaan sport bra daripada bra biasa.

Berkat kemajuan teknologi pada bahan, ada beberapa sport bra yang dapat menyerap keringat dari tubuh. Selain itu, bra semacam ini juga dapat meningkatkan aliran udara ke kulit yang membuat payudara tetap terasa sejuk dan kering sepanjang hari.

Tak sampai di situ, sport bra juga dirancang untuk meningkatkan mobilitas, mengembalikan postur tubuh, meredakan ketegangan leher, serta mengurangi nyeri punggung dan bahu. Bahkan, sport bra terbukti mampu membantu memperbaiki postur tubuh yang membungkuk.

4. Melindungi payudara saat berolahraga

Manfaat memakai sport bra untuk kesehatan payudara yang keempat yaitu melindungi payudara saat berolahraga.

Kemampuan untuk meminimalkan gerakan payudara merupakan manfaat paling populer dari mengenakan sport bra. Khususnya, bagi para wanita yang melakukan segala jenis aktivitas fisik, sport bra dapat menopang payudara lebih baik dibandingkan bra biasa.

Memakai sport bra saat berolahraga akan memastikan payudara tidak bergoyang dan tetap berada di tempatnya selama sesi latihan. Sport bra dengan cup yang menutupi seluruh bagian dada mampu memberikan perlindungan maksimal tanpa memperlihatkan belahan dada.

Sementara itu, sport bra dengan tali pengikat yang lebar di bawah dada akan mendistribusikan jaringan payudara secara merata.

Demikian 4 manfaat memakai sport bra untuk kesehatan payudara. Dengan segala manfaat yang ditawarkan sport bra, maka bra ini bisa dikatakan lebih dari sekadar aksesori olahraga.

Selanjutnya: Jadwal MotoGP Indonesia 2024, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma