4 Manfaat Susu untuk Tanaman Dalam Ruangan yang Menakjubkan dan Fantastis



MOMSMONEY.ID - Tanaman membutuhkan nutrisi yang sama seperti manusia pada umumnya. Susu ternyata memiliki manfaat untuk tanaman dalam ruangan. Artikel ini memberikan informasi mengenai manfaat susu untuk tanaman dalam ruangan. 

Susu dapat membantu meningkatkan kesehatan tanaman karena mengandung kalsium, nitrogen, dan vitamin B yang semuanya mendukung tanaman untuk tumbuh subur. 

Lalu, apa saja manfaat susu untuk tanaman dalam ruangan? Berikut daftarnya. 


Baca Juga: 7 Manfaat Susu untuk Kulit Wajah, Ada Kandungan AHA-nya Lho!

1. Sebagai Pupuk Dosis Rendah

Susu mengandung kalsium dalam jumlah tinggi dan bahkan sedikit nitrogen karena kandungan proteinnya. Meskipun Anda jelas tidak dapat menyiram tanaman dengan susu, Anda dapat menambahkan sedikit susu ke pupuk bulanan Anda untuk pertumbuhan dedaunan.

Perbandingan yang baik adalah dengan mengencerkan 1 bagian susu dalam 4 hingga 6 bagian air agar akar tanaman tidak tergenang.

Karena susu adalah pupuk dosis rendah, risiko pemupukan berlebihan sangat kecil. Gunakan campuran ini setiap 6-8 minggu sekali untuk memberi tanaman Anda dosis nutrisi yang seimbang.

2. Semprotan Daun Susu

Susu tidak hanya dapat membersihkan daun tanaman hias Anda, tetapi juga mencegah masalah seperti embun tepung dan hama seperti kutu daun dan tungau laba-laba. 

Anda dapat menggunakan larutan susu encer dalam botol semprot untuk pemupukan daun, sehingga nutrisi mikro dan makro dapat diserap dengan mudah oleh daun.

Untuk hasil terbaik, campurkan 1 bagian susu dengan 3 bagian air dan semprotkan pada daun dengan lembut, pastikan semua bagian tertutup dengan baik. Semprotkan larutan susu pada tanaman dari atas ke bawah, terutama pada bagian atas dan bawah daun.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ketahui 7 Manfaat Susu untuk Kulit Wajah

Setelah dibiarkan mengering selama 30 menit, bersihkan sisa-sisa susu dari dedaunan dengan kain lembut dan lembap. Mudah, bukan?

3. Sebagai Pendorong Pertumbuhan

Berkat kandungan nutrisinya, menambahkan susu ke tanah tanaman hias dan bahkan kebun sayur Anda dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Susu dan molase merupakan kombinasi yang lebih baik, meskipun mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi.

Molase penuh dengan nutrisi seperti kalium, magnesium, dan banyak lagi, yang bila dicampur dengan susu, dapat membantu memperbaiki kualitas tanah dan, akibatnya, pertumbuhan tanaman Anda.

Campurkan 1 bagian susu dan 3 bagian air untuk menyiapkannya, dan tambahkan 1 sendok makan molase. Tuang campuran ini ke dalam tanah, fokuskan di sekitar pangkal tanaman, dan biarkan meresap. Untuk menghindari pemberian nutrisi berlebihan pada tanaman, gunakan ini sekali setiap tiga bulan.

4. Untuk Kekurangan Kalsium dan Masalah Jamur

Mirip dengan bagaimana kekurangan dapat menyebabkan penyakit parah pada manusia, hal yang sama berlaku untuk tanaman. 

Tanaman hias akan mengalami pertumbuhan terhambat dan  ujung bunga membusuk jika tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, terutama pada tanaman paprika, tomat, dan labu. 

Dalam kasus seperti itu, susu dapat menjadi penyelamat bagi tanaman Anda.

Untuk mengatasi kekurangan kalsium, encerkan susu menjadi 1 bagian susu dan 2 bagian air dan tuangkan ke tanah sebulan sekali.

Tonton: 6 Aturan Diet ala Orang Jepang Tanpa Menyiksa Tubuh, Penuh Gizi dan Tak Bikin Lapar

Khasiat antijamur susu juga membantu mengobati penyakit bulai dan infeksi jamur lainnya. Untuk menggunakannya sebagai fungisida, campurkan 1 bagian susu dengan 3 bagian air dan semprotkan pada area yang terkena dua kali seminggu hingga masalah teratasi.

Cara Menggunakan Susu untuk Tanaman Dalam Ruangan 

1. Anda dapat menggunakan susu yang sudah diuapkan, susu segar, susu bubuk, atau susu yang sudah kedaluwarsa asalkan sudah diencerkan. Jangan pernah mengoleskan susu yang belum diencerkan langsung ke tanaman.

2. Sebaiknya pilih susu rendah lemak (1%) atau rendah lemak (2%) daripada susu murni atau susu skim. Lemak dalam susu murni dapat menarik hama dan meninggalkan residu lengket pada tanaman.

3. Rasio pengenceran terbaik adalah 1 bagian susu dengan 3 bagian air atau 1:4 untuk tanaman yang sensitif. Menggunakan susu tanpa pengenceran dapat menyebabkan masalah pembusukan atau hama.

4. Kocok dan aduk larutan susu encer hingga rata sebelum digunakan, lalu biarkan meresap ke dalam tanah; sama halnya seperti Anda menyiram tanaman seperti biasa.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Susu Kambing yang Perlu Diketahui, Sudah Pernah Coba?

5. Jika susu diaplikasikan sebagai semprotan daun, selalu semprotkan pada pagi hari.

6. Jangan gunakan pupuk kimia atau pestisida pada tanaman hias Anda untuk menghindari terbunuhnya bakteri baik yang ada dalam susu. Tepat setelah Anda menuangkan susu, mungkin akan ada sedikit bau, tetapi baunya akan hilang seiring waktu.

7. Lebih sedikit lebih baik jika menggunakan susu pada tanaman dalam ruangan. Menyiram tanaman secara berlebihan dengan larutan ini dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Lakukan pengaplikasian yang kecil dan terkontrol setiap 4-6 minggu.

8. Terakhir, susu hewani sebaiknya dipilih, tetapi Anda juga bisa menggunakan ASI untuk tanaman. 

Jadi, itulah beberapa manfaat susu untuk tanaman dalam ruangan yang dapat Anda ketahui. 

 
 

Selanjutnya: Luka Modric, Gelandang Asal Kroasia Jadi Pemain Tertua di Real Madrid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria