4 mantan karyawan News Corp ditahan polisi



LONDON. Empat orang mantan karyawan tabloid The Sun, milik News Corp ditangkap kepolisian kota London terkait dugaan penyuapan dalam kasus skandal penyadapan. Selain melakukan penangkapan, kepolisian kota London juga menggeledah kantor surat kabar di Inggris itu (28/1).Dalam pernyataan kepolisian, penangkapan dilakukan setelah komite etik News Corp membantu operasi tersebut. Pihak News Corp menyatakan, pihaknya akan memberikan informasi untuk membantu penyelidikan kasus itu.Sementara itu, penangkapan 4 orang buruh pekerja The Sun tersebut dilakukan setelah James Murdoch, News chief operating officer, News Corp berniat pindah ke New York. Rencana ini sempat yang tertunda tahun lalu akibat skandal penyuapan dan penyadapan telepon. Terkait kasus ini, sudah lebih dari 20 orang yang sudah ditangkap kepolisian, tetapi belum memasuki proses pendakwaan di pengadilan. "News Corp membuat komitmen musim panas lalu, bahwa praktek pengumpulan berita seperti yag telah dilakukan oleh individu (pelaku) tidak akan terulang lagi," kata pernyataan resmi perusahaan.Menurut sumber Bloomberg, keempat karyawan yang ditangkap polisi itu adalah; Chris Pharo, mantan kepala bagian berita The Sun, Mike Sullivan, mantan Editor Kriminal, Fergus Shanahan, mantan wakil editor dan mantan managing editor Dudman Graham.

Namun begitu, Miranda Higham, juru bicara News Corp, dan juga Alan Crockford, juru bicara polisi menolak mengidentifikasi karyawan yang ditangkap tersebut.

Penangkapan kemarin bukan pertama kalinya di News Corp's, Komite Etik perusahaan sudah bertindak dan melakukan pengawasan internal. Tahun lalu, perusahaan sudah memecat Matt Nixson, editor future di The Sun yang sebelumnya bekerja di News of the World.


Editor: Asnil Amri