4 Minuman yang Efektif untuk Membantu Membakar Lemak Perut dengan Cepat



MOMSMONEY.ID - Simak 4 minuman yang efektif untuk membantu membakar lemak perut dengan cepat.

Perut buncit sering kali dianggap mengganggu. Selain memerhatikan makanan yang dikonsumsi, Anda juga harus memilih minuman sehari-hari dengan cermat untuk mengatasi dan mencegah perut semakin buncit.

Dari banyaknya varian minuman, ada beberapa minuman yang patut Anda konsumsi saat sedang berusaha mengecilkan perut atau menurunkan berat badan.


Minuman-minuman ini dinilai dapat membantu membakar lemak perut lebih cepat dengan mengurangi nafsu makan dan mencegah keinginan untuk mengonsumsi kalori ekstra.

Kira-kira, minuman apa saja yang termasuk? Melansir laman Eat This, Not That!, berikut 4 minuman yang efektif untuk membantu membakar lemak perut dengan cepat.

Baca Juga: Atasi Perut Buncit hingga Selulit, 5 Manfaat Squat untuk Wanita yang Harus Moms Tahu

1. Smoothies

Minuman yang efektif untuk membantu membakar lemak perut dengan cepat pertama, yaitu smoothies. Mengidam sesuatu yang manis dapat menimbulkan masalah saat Anda sedang mencoba menurunkan berat badan.

Alih-alih memilih camilan atau minuman tinggi gula, alangkah baiknya Anda mencari alternatif yang jauh lebih sehat. Pasalnya, camilan dan minuman tinggi gula tidak hanya mengandung kalori ekstra, tetapi juga bisa menyebabkan peningkatan lemak visceral atau lemak perut.

Untuk memuaskan hasrat akan makanan dan minuman manis sambil menghindari tambahan gula berlebih, smoothies bisa jadi pilihan yang bagus. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan buah-buahan, sayuran hijau, dan susu favorit Anda.

Tak hanya membantu mengurangi konsumsi gula tambahan dan memuaskan hasrat akan sesuatu yang manis, segelas smoothies juga akan memberikan Anda kemampuan untuk mengontrol bahan-bahan yang Anda konsumsi.

2. Minuman bebas kalori

Minuman yang efektif untuk membantu membakar lemak perut dengan cepat kedua yaitu minuman bebas kalori.

Minuman yang dimaniskan dengan gula padat kalori dapat berkontribusi pada peningkatan gula darah dan lemak perut. Jika Anda tidak mau perut semakin buncit, pastikan untuk mengganti minuman tersebut dengan minuman bebas kalori.

Secara umum, minuman bebas kalori akan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan yang pada gilirannya dapat menurunkan berat badan. Saat berat badan Anda menurun, Anda pun akan kehilangan lemak visceral atau lemak perut serta lemak lainnya yang tersimpan di dalam tubuh.

Untuk membakar lemak perut, sebaiknya Anda mengganti minuman manis dengan minuman rendah atau nol kalori seperti air putih. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan air putih bisa membantu meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lemak dengan lebih efisien. Selain air putih, beberapa minuman bebas kalori yang bisa Anda pilih antara lain infused water, es teh tawar, dan kopi hitam panas tanpa tambahan apapun.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harus Coba Pakai Cushion, Bikin Make Up Flawless

3. Teh hijau

Minuman yang efektif untuk membantu membakar lemak perut dengan cepat ketiga yaitu teh hijau.

Teh hijau mengandung kafein dan katekin yang merupakan senyawa tumbuhan bioaktif. Dua komponen utama dalam teh hijau ini berpeluang untuk membantu meningkatkan oksidasi lemak atau kemampuan membakar lemak.

Meski minum banyak teh hijau tidak mampu menghilangkan semua lemak perut, namun setidaknya minuman ini bisa sedikit membantu.

Sebuah studi di Journal of Functional Foods menunjukkan bahwa orang yang minum teh hijau dengan kandungan kafein dan katekin kehilangan sejumlah besar lemak visceral atau lemak perut selama 12 minggu dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak minum teh hijau.

Nah, untuk mendapatkan dosis katekin yang paling pekat, pilihlah teh hijau dalam bentuk bubuk (matcha).

4. Teh hitam

Minuman yang efektif untuk membantu membakar lemak perut dengan cepat keempat yaitu teh hitam.

Apabila Anda tidak suka cita rasa pahit dari teh hijau, Anda bisa beralih ke teh hitam. Kaya akan flavonoid alami, teh hitam disebut sebagai minuman penyehat jantung yang dapat menurunkan tekanan darah.

Berkat kandungan flavonoidnya yang tinggi, teh hitam diklaim mampu mengurangi lemak perut, menurut penelitian.

Sebuah studi tahun 2014 di Food & Function membandingkan minum teh hitam dengan minuman berkafein lainnya. Hasilnya, peserta penelitian yang minum 3 cangkir teh hitam tanpa pemanis setiap hari selama 3 bulan mengalami penurunan lingkar pinggang yang lebih banyak dibandingkan peserta yang meminum minuman lain.

Itulah 4 minuman yang efektif untuk membantu membakar lemak perut dengan cepat. Untuk hasil maksimal, minumlah salah satu minuman di atas dan barengi dengan olahraga teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma