4 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Minum Obat, Catat ya!



MOMSMONEY.ID - Ketika mengonsumsi obat-obatan, penting untuk memperhatikan apa yang Anda minum setelahnya. Ini karena beberapa jenis minuman bisa menginterferensi efektivitas obat atau memicu efek samping yang tidak diinginkan. Lantas, apa saja minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah minum obat?

Melansir dari Klik Dokter, di bawah ini adalah empat jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah minum obat:

1. Kopi


Apabila Anda sedang menjalani pengobatan dengan antipsikotik seperti clozapine, sebaiknya hindari kopi. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan konsentrasi zat aktif ini dalam darah, yang berpotensi memperbesar risiko efek samping.

Jika Anda menggunakan obat pelega asma seperti salbutamol, ipratropium, atau teofilin, konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengurangi efektivitas obat ini saat dibutuhkan pada kondisi darurat, seperti serangan asma.

Baca Juga: Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh, Bisa Usir Berbagai Penyakit lo

2. Susu

Konsumsi susu dan produk susu lainnya seperti yoghurt dan keju harus dihindari ketika Anda mengonsumsi antibiotik seperti tetracycline dan ciprofloxacin, serta obat osteoporosis seperti alendronate.

Kalsium dalam produk susu dapat mengikat antibiotik di dalam perut dan usus, mengganggu proses penyerapan dan mengurangi efektivitas obat. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya minum antibiotik atau suplemen kalsium 1-2 jam sebelum atau sesudah mengonsumsi produk susu.

3. Alkohol

Mengonsumsi alkohol saat menggunakan obat dapat mengubah cara kerja obat dan meningkatkan efek sampingnya. Hal ini berlaku terutama jika Anda menggunakan antihistamin, obat penghilang rasa sakit seperti kodein dan parasetamol, obat antidiabetes, obat anti HIV/AIDS, serta antibiotik.

Alkohol dapat memperkuat efek samping obat dan menyebabkan gejala seperti kantuk berlebih, sensasi melayang, gangguan kontrol motorik, gangguan daya ingat, serta mual dan muntah. Efek samping ini bisa terjadi meskipun Anda hanya mengonsumsi sedikit alkohol.

Baca Juga: Solusi untuk Turun BB, Ini 10 Sayur yang Bagus untuk Diet Anda

4. Teh

Teh hitam mengandung tanin, yang bisa mengikat beberapa jenis obat, termasuk antidepresan trisiklik, sehingga mengurangi efektivitasnya. Untuk mencegah interaksi ini, disarankan untuk menghindari minum teh hitam satu jam sebelum dan dua jam setelah pengobatan.

Nah, itulah beberapa minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah minum obat. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: 8 Makanan yang Bisa Hentikan Kecanduan Merokok dan Efek Sampingnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas