4 Penyebab nyeri perut bagian bawah yang Anda alami



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rasa nyeri bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tak terkecuali perut bagian bawah. Untuk bisa mendapat perawatan yang tepat, Anda perlu mengatahui faktor apa yang jadi penyebab nyeri perut bagian bawah.

Biasanya, sakit perut disebabkan karena masalah yang tidak terlalu serius. Namun, beberapa kasus menunjukkan bahwa sakit perut juga bisa disebabkan karena masalah yang lebih parah. Maka dari itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Apalagi jika muncul gejala selain sakit perut. Berkonsultasi dengan dokter akan memudahkan Anda mendapat perawatan yang tepat. Biasanya, dokter akan menjalankan beberapa pemeriksaan. Dengan begitu, penyebab-penyebab ini dapat teratasi.

Sembelit

Sembelit jadi salah satu penyebab nyeri perut bagian bawah yang bisa Anda alami. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dapat mengalami masalah kesehatan tersebut. Mengutip dari Cleveland Clinic (health.clevelandclinic.org), sembelit ditandai dengan feses yang sulit dikeluarkan.

Selain itu, masih ada gejala sembelit lain yang Anda alami. Mulai dari frekuensi buang air besar yang menurun, perut kembung, muncul rasa kram, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memperbanyak asupan serat dan minum air putih.

Baca Juga: Cari cara mengatasi diare? Coba 5 bahan alami ini, yuk

Divertikulitis

Divertikulitis merupakan suatu penyakit di mana kantung-kantung di usus besar mengalami pembengkakan. Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, divertikulitis juga bisa menyebabkan mual, muntah, dan demam.

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Nyeri perut sebelah bisa disebabkan oleh IBS. IBS adalah kondisi di mana sistem pencernaan mengalami masalah. Cleveland Clinic menyebutkan bahwa kondisi itu lebih sering dialami oleh wanita. Beberapa gejala yang dapat terjadi adalah sembelit, diare, perut kram, dan perut kembung.

Baca Juga: 5 Makanan Ampuh Redakan Nyeri Haid

Radang Usus Buntu

Nyeri perut bagian bawah juga bisa Anda alami akibat radang usus buntu, lo. Biasanya, rasa sakit dimulai dari bagian bawah pusar kemudian menyebar ke perut bagian kanan bawah. Mual, muntah, demam, dan sembelit atau diare dapat Anda alami akibat masalah tersebut.

Anda perlu segera mengatasi gejala radang usus buntu untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius. Jika terus dibiarkan, usus buntu dapat pecah sehingga infeksi pun menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Selanjutnya: Nyeri Haid? Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Meredakannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News