4 Tips Merdeka Finansial untuk Pekerja dari Astra Life



MOMSMONEY.ID - Masih dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia, rasa merdeka tidak hanya untuk kehidupan sehari-hari, tapi merdeka secara finansial juga dibutuhkan. Tentunya, merdeka secara finansial menjadi harapan semua orang terutama bagi para pekerja atau pencari nafkah yang berjuang untuk memiliki keadaan finansial yang stabil, agar hidup lebih tenang dan aman di masa depan dengan keluarga tercinta.

Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life, Windy Riswantyo mengatakan, bagi para pekerja atau pencari nafkah perlu lebih tenang, namun tidak juga mengacuhkan dalam mengatur arus keuangan keluarga. Sebagian masyarakat mungkin memiliki pikiran bahwa merdeka finansial sulit terjadi, tapi di momen ini kami mengajak para pekerja untuk optimis bisa memperbaiki arus keuangan dengan disiplin mengontrol keuangan keluarga dan hal penting lainnya seperti investasi dan proteksi diri yang perlu dimulai sejak awal untuk menuju merdeka finansial versi keluarga masing-masing.

Berikut 4 tips penting dari Astra Life untuk mencapai merdeka finansial :


1. Evaluasi keuangan tengah tahun

Merencanakan pos keuangan akan membuat alokasi dana rumah tangga semakin terarah. Akan lebih baik pos keuangan tersebut dicek secara berkala. Pertengahan tahun 2024 menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi pengeluaran selama semester pertama di tahun ini, dan merencanakan pos keuangan selama enam bulan kedepan. Dengan evaluasi pos keuangan, para pekerja atau pencari nafkah bisa mendeteksi kebocoran dana dan memaksimalkan pemasukan selanjutnya untuk persiapan berbagai rencana menjelang akhir tahun.

2. Cek lagi target finansial untuk masa depan

Mempersiapkan keuangan masa depan lebih awal adalah langkah yang baik untuk mencapai merdeka finansial. Bagi para pekerja atau pencari nafkah yang sudah mengatur target finansial, cek kembali target finansial jangka pendek seperti cicilan rumah dan kendaraan, jangka menengah seperti menyiapkan dana pendidikan anak, biaya kesehatan keluarga, dan travelling, serta jangka panjang seperti persiapan dana pensiun dan aset warisan. Dengan demikian, para pekerja atau pencari nafkah bisa mengalokasikan biaya yang akan disisihkan pada pos-pos keuangan tersebut.

Baca Juga: Ini Tips Tinggal Bersama Teman di Satu Kamar Kos

3. Pastikan proteksi dan investasi aman

Kedepannya, kebutuhan hidup akan semakin bertambah di tengah biaya hidup yang semakin meningkat. Proteksi dan investasi adalah kunci agar terhindar dari tekanan finansial di masa depan dan bikin aman keuangan keluarga. Proteksi berperan melindungi aset yang susah payah dikumpulkan oleh para pekerja atau pencari nafkah. Memproteksi diri dari berbagai risiko di masa depan adalah sebuah keharusan.

Untuk itu, dana untuk risiko kesehatan, risiko kematian, bahkan untuk dana ketika sudah masuk usia pensiun harus disiapkan dari sekarang. Para pekerja atau pencari nafkah keluarga bisa memilih asuransi yang tepat untuk menjamin finansial di masa depan. Seperti di Astra Life, melalui salah satu produknya yaitu ASLI Ultimate Protection, para pekerja atau pencari nafkah dapat terproteksi dengan perlindungan jiwa seumur hidup hingga usia 99 tahun. Sudah pasti terdapat perlindungan jiwa sebesar 125% dari Uang Pertanggungan mulai tahun polis ke-15. Hingga adanya kepastian Manfaat Akhir Kontrak 125% dari Uang Pertanggungan.

Investasi berperan untuk melawan inflasi. Jika belum berinvestasi, mulailah berinvestasi dan pilih jenis investasi yang tepat dan bijak sesuai tingkat risikonya. Kuncinya, jangan mudah tergiur investasi bodong. Untuk itu, pelajari dan pahami lebih detail jenis investasinya. Disarankan juga untuk diversifikasi instrument investasi, agar bisa meminimalisir kerugian dalam investasi.

Caranya dengan mengalokasikan dana investasi ke beberapa jenis instrument. Bayangkan, di masa depan nanti tidak lagi khawatir perihal keuangan karena sudah memiliki dana pensiun, proteksi jiwa dan aset dari hasil investasi yang menjadi kekayaan bersih dan sumber pendapatan pasif. Jika kondisinya seperti itu, menjalani masa tua akan menyenangkan dan bahagia.

4. Wajib tunaikan donasi dan zakat

Jangan lupa wajib sisihkan dana untuk kontribusi sosial dengan ikut serta dalam aksi donasi dan membayarkan zakat. Tentu hal ini akan memberikan dampak yang besar terhadap diri sendiri terutama membantu meningkatkan rasa simpati dan empati terhadap sesama, dan berdampak pada kondisi psikologis yang lebih baik. Mulailah donasi bersama gerakan-gerakan peduli sosial dari sekarang.

Itulah 4 tips dari Astra Life yang bisa dilakukan oleh para pekerja atau pencari nafkah, untuk memulai langkah mengelola keuangan dalam mencapai merdeka finansial lebih awal. Lebih lanjut, sebagai proteksi diri dan keluarga bagi para pencari nafkah menuju merdeka finansial, melalui produk asuransi jiwa tradisional, ASLI Ultimate Protection dengan premi mulai dari Rp 688.000 per tahun. Terdapat pilihan masa pembayaran premi yang singkat dan fleksibel hanya 5 – 15 tahun.

Baca Juga: Begini Cara Mencuci dengan Mesin Cuci yang Benar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika
TAG: