400 gerai Alfamart sudah menyesuaikan preferensi pasar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agar bisa lebih relevan dengan pelanggan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) akan menyesuaikan produk di gerai Alfamart dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan dan menghindari stok menumpuk.

Hans Prawira, Presiden Direktur PT Sumber Alfafia Trijaya Tbk mengungkapkan, strategi ini sudah dilakukan sejak tahun lalu. Penyesuaian kategori produk dengan pasar yang lebih relevan akan mengurangi risiko beban stok sekaligus menggenjot penjualan.

"Sekarang kami masih coba pilot project di satu cabang itu 400 gerai di Bogor. Kami customize berdasarkan data," ujar Hans di Jakarta, Senin (2/4).


Dengan memiliki data tersebut, produk yang dijual di gerai perusahaan akan lebih relevan. Hal ini tentunya sangat potensial bagi perusahaan untuk menggenjot kategori produk yang permintaannya cukup baik di wilayah tersebut.

Kendati saat ini progresnya cukup baik, namun Hans belum langsung akan menerapkan strategi ini ke seluruh gerai Alfamart. Sebagai contoh, menurutnya kebutuhan gerai di residensial area dengan transit area akan berbeda, dengan lebih banyak produk yang lebih relevan, penjualan setiap gerai juga akan lebih baik.

"Dulu pendekatan kami standar tetapi kalau kami mau lari cepat ya perlu diluar standar. Tetapi saat ini kami harus sesuaikan kebutuhan konsumen," ungkap Hans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi